Keren! The Beatles Bakal Rilis Lagu Terakhirnya dengan AI

Foto legendaris The Beatles menyeberangi Abbey Road (kiri-ke-kanan)
Sumber :
  • ricespoonandfork.com

London The Beatles belum lama ini dikabarkan bakal merilis lagu terakhir dengan memanfaatkan teknologi AI dan siap dirilis tahun ini.

Vokal LE SSERAFIM Masih Dikritik Setelah Tampil di Coachella Minggu Kedua

“Kami sudah berhasil menyelesaikan dan akan dirilis tahun ini,” ujar Paul McCartney dilansir dari BBC, Kamis 15 Juni 2023.

Mario Balotelli pamer foto dirinya sebagai personil The Beatles

Photo :
  • Daily Mail
Imam Masjid di Inggris Dilaporkan ke Polisi Gegara Izinkan Siswa Salat

Dia menyebutkan bahwa kecerdasan buatan atau AI membantu dia mengolah suara vokalis utama John Lennon yang pernah menyanyikan lagu demo. Di dalam lagu demo itu, John Lennon menyanyikan sebuah lagu konsep yang hanya diiringi oleh piano.

Kemudian, setelah vocal John Lennon berhasil dilepas, Paul McCartney mulai menyiapkan seluruh irama lagu dengan lebih utuh. BBC juga menyebutkan bahwa Paul McCartney mendapatkan suara John Lennon dari istrinya, Yoko Ono.

Armand Maulana Kecewa, Tiket Konser Hans Zimmer di London Ternyata Scam

Diketahui Yoko Ono mengirimkan demo beberapa lagu yang dibuat oleh John Lennon sebelum meninggal dunia karena ditembak pada 1980. Demo lagu tersebut memang dikhususkan untuk Paul McCartney karena tertulis "Untuk Paul" di labelnya.

Dari demo itu juga sudah ada dua lagu The Beatles yang pernah diluncurkan yakni Free As a Bird dan Real Love. Kedua lagu itu diluncurkan pada 1995 dan 1996.

Hanya saja masih ada satu lagu lagi yang sampai saat ini belum bisa dituntaskan. Sebelumnya, Paul McCartney mengaku sebenarnya mereka sudah berusaha mencoba untuk menggunakan lagu berjudul Now and Then itu.

Sayangnya material lagu tersebut memang benar-benar sulit untuk dikerjakan waktu itu. Personel The Beatles lainnya, George Harrison bahkan menolak mendandani lagu itu karena vokal John Lennon yang dianggap kurang pas.

Selain itu, beberapa komposisi yang ada di lagu tersebut memang masih benar-benar mentah. "Lagu itu punya chorus tapi benar-benar kurang lirik. Jadi kami memang benar-benar tidak bisa melanjutkannya. Apalagi George memang tidak menyukainya," ucap Paul McCartney.

The Beatles

Photo :
  • facebook.com/thebeatles

Disebutkan BBC, lagu yang akan diklaim oleh Paul McCartney sebagai lagu terakhir tersebut kemungkinan besar adalah lagu Now and Then. Diyakini Paul McCartney memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau AI dalam mengatasi kekurangan yang dirasakan dalam proses pengerjaan sebelumnya.

Apalagi Paul McCartney saat ini memiliki banyak koleksi suara asli John Lennon yang dia dapatkan saat membuat film dokumenter The Beatles berjudul Get Back yang dibuat sutradara Peter Jackson.

Saat itu Peter Jackson editor film Emile de la Rey membuat sebuah komputer yang bisa mengenali suara personel The Beatles.

Komputer itu kemudian berhasil memisahkan suara para personel The Beatles dari kebisingan latar belakang, dan bahkan instrumen mereka sendiri. Hasil dari proses itu adalah audio yang bersih tanpa suara latar. Salah satunya adalah audio dari vokal John Lennon.

"Jadi ketika kami ingin  membuat rekaman The Beatles terakhir, kami menggunakan demo yang ada dari John Lennon dan membuatnya murni melalui AI," ujar Paul McCartney.

Diketahui saat ini anggota The Beatles yang tersisa hanyalah Paul McCartney dan Ringo Star (drummer). John Lennon meninggal dunia pada 1980 dan George Harrison pada November 2001.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya