Dana Ratusan Juta Ditilep Panitia Buat Foya-foya, Greenlane Festival Bandung Dibatalkan

Ilustrasi konser musik.
Sumber :
  • Freepik/bedneyimages

BANDUNG – Sebuah pagelaran musik yang rencananya digelar di Bandung, terpaksa dibatalkan. Sayangnya, penyebab pembatalan acara musik bertajuk Greenlane Festival itu dikarenakan ulah tak bertanggung jawab seorang panitia.

Festival Semarapura Kembali Digelar, Pemkab Klungkung Siapkan Ribuan Seniman dan Booth UMKM

Lewat laman media sosial Instagram, Greenlane Festival, mengunggah video pernyataan dari pelaku yang menggelapkan dana atau menilep uang festival untuk konsumsi pribadi.

Greenlane Festival.

Photo :
  • Instagram
Jakarta Street Jazz Festival 2024 Siap Digelar, 50 Musisi Bakal Tampil

Panitia yang bernama Bagus Rahmat Setiadi itu menjelaskan kronologi bagaimana uang yang seharusnya digunakan untuk kelangsungan festival justru lari ke kantong pribadinya.

"Saya mulai dari kronologis awal. Pada bulan Maret saya diinvestasikan oleh investor saya sebsar 1,5 miliar. dengan kondisi, terpakai 300-400 juta," jelasnya di atas panggung, kemudian ramai diteriaki suara pengunjung.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Kemudian, dia melanjutkan bahwa untuk menutupi uang yang terpakai, dia menutupi dengan meminjam, pertama sebesar Rp390 juta, lalu Rp800 juta. Pinjaman dibuat dengan menjaminkan harta pribadinya yaitu mobil dan rumah.

"Jadi total 390 dan 800 juta itu adalah pure pinjaman saya pribadi dengan surat yang judulnya adalah perjanjian utang piutang, beda lagi dengan yang 1,5 itu perjanjian kerja sama investasi. Saya menjelaskan total dana 2960 yang dijadikan dana investasi dipecah tiga lagi, 1,5 investasi, 800 juta dan 390 juta pinjaman secara pribadi," lanjutnya.

Dari total investasi 1,5, Bagus mengakui dana itu dia gunakan untuk kehidupan pribadinya.

"Dari total 2,9 yang digunakan untuk kebutuhan primer adalah 1,6 dan bertambah sampai sekarang. Jadi saya mengakui dari dana investasi 1,5 itu terpakai untuk kehidupan saya pribadi, kehidupan foya foya saya, dan juga seluruh pembayaran utang saya," jelas dia.

Di akhir pernyataannya, Bagus mengungkap komitmen akan bertanggung jawab sepenuhnya atas kasus tersebut. Dia pun berjanji tidak akan lari dan siap menerima konsekuensi hukum.

"Insya Allah teman-teman jadi saksi bahwa saya tidak akan kabur dari permasalahan yang saya buat," ujarnya.

Greenlane Festival seharusnya digelar pada Minggu, 5 November 2023 di Laswi Heritage, Bandung. Sederet pengisi acara yang hadir di antaranya Cosmo Pyke, Ramengvrl, hingga Fariz RM.

Pihak penyelenggara juga mengunggah permintaan maaf tertulis di akun Instagram mereka. Meski begitu, kekecewaan penonton dan netizen masih belum terbendung.

Beberapa pun merasa heran mengapa satu panitia bisa menggelapkan uang sebanyak itu.

"mending jelasin kenapa duit 400jt bisa masuk kantong si bagus bahkan dipake foya-foya daripada mikirin terus kata-kata buat klarifikasi, masa gaada pengawasan sama sekali soal dana sebesar itu?" tulis netizen.

"Dan terjadi lagi, sampai kapan event2 di Bandung gini terus?" kata yang lain.

"udah nyangka banget gak bakal beres ini acara wkwkwk," timpal lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya