Fakta-fakta Panitia Tilep Uang Greenlane Festival, Deretan Artis Batal Tampil

Project Manager Konser Greenlane Bandung
Sumber :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Bandung – Gelaran acara musik di Bandung bertajuk Greenlane Festival terpaksa dibatalkan akibat ulah panitianya yang tak bertanggung jawab. Pihak penyelenggara pun membagikan pernyataan resmi melalui Instagram mereka terkait pembatalan acara musik tersebut. Berikut ini fakta-faktanya yang telah dikumpulkan VIVA. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Baru Lunas di Usia 45 Tahun, Meisya Siregar Ingatkan Gen Z Soal Rumah KPR

Uang Ditilep Oknum Panitia

Ilustrasi transaksi uang

Photo :
  • Pixabay
Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Dalam pernyataan yang diunggah, panitia mengungkapkan bahwa uang yang seharusnya digunakan untuk melangsungkan festival tersebut telah hilang karena tindakan Tidak bertanggung jawab dari pelaku yang mengelola dana festival.

Bagus Rahmat Setiadi, seorang anggota panitia, menceritakan bagaimana uang yang seharusnya digunakan untuk festival itu malah digunakan untuk keperluan pribadi. Dia menjelaskan bahwa sejumlah besar uang telah diberikan kepada mereka, dan sebagian besar telah digunakan untuk keperluan pribadi, termasuk gaya hidup pribadinya. 

Alasan Nico Bunuh Wanita Open BO yang Jasadnya Ditemukan di Pulau Pari

"Saya mulai dari kronologis awal. Pada bulan Maret saya diinvestasikan oleh investor saya sebsar 1,5 miliar. dengan kondisi, terpakai 300-400 juta," jelasnya di atas panggung, kemudian ramai diteriaki suara pengunjung. 

Dipakai untuk Pribadi

Project Manager Konser Greenlane Bandung

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Bagus juga mengakui bahwa dia telah meminjam uang secara pribadi untuk menutupi pengeluaran yang semakin besar. Dia menjaminkan harta pribadinya, seperti mobil dan rumah, sebagai jaminan pinjaman.

"Jadi total 390 dan 800 juta itu adalah pure pinjaman saya pribadi dengan surat yang judulnya adalah perjanjian utang piutang, beda lagi dengan yang 1,5 itu perjanjian kerja sama investasi. Saya menjelaskan total dana 2960 yang dijadikan dana investasi dipecah tiga lagi, 1,5 investasi, 800 juta dan 390 juta pinjaman secara pribadi," lanjutnya. 

Total dana investasi yang diberikan kepada panitia mencapai jumlah yang cukup besar, dan sebagian besar dari itu telah digunakan untuk kebutuhan pribadi. Bagus juga menyatakan bahwa dia akan bertanggung jawab atas permasalahan ini dan tidak akan melarikan diri dari konsekuensi hukum yang mungkin dia hadapi.

"Dari total 2,9 yang digunakan untuk kebutuhan primer adalah 1,6 dan bertambah sampai sekarang. Jadi saya mengakui dari dana investasi 1,5 itu terpakai untuk kehidupan saya pribadi, kehidupan foya foya saya, dan juga seluruh pembayaran utang saya," jelas dia.

Penonton Kecewa

Greenlane Festival.

Photo :
  • Instagram

Meskipun penyelenggara telah meminta maaf atas pembatalan acara ini, kekecewaan dari penonton dan netizen masih sangat terasa. Banyak yang heran tentang bagaimana panitia bisa menggelapkan sejumlah uang sebesar itu dan mengapa tidak ada pengawasan yang ketat terkait pengelolaan dana tersebut.

"mending jelasin kenapa duit 400jt bisa masuk kantong si bagus bahkan dipake foya-foya daripada mikirin terus kata-kata buat klarifikasi, masa gaada pengawasan sama sekali soal dana sebesar itu?" tulis netizen.

Deretan Artis Batal Tampil

Ilustrasi konser musik.

Photo :
  • Freepik/bedneyimages

Acara Greenlane Festival awalnya direncanakan digelar pada tanggal 5 November 2023 di Laswi Heritage, Bandung, dengan sejumlah pengisi acara baik dari dalam maupun luar negeri. 

Misalnya seperti Cosmo Pyke yang merupakan musisi sekaligus penyanyi dari Inggris. Kemudian ada juga Babychair yang berasal dari Jepang, dan Talitha dari Malaysia. Sementara itu, penyanyi yang berasal dari Indonesia adalah Ramengvrl, Batavia Collective, Namoy Budaya, hingga musisi kenamaan Tanah Air Fariz RM.  

Namun, karena insiden ini, semua pengisi acara batal tampil dan biaya penyelenggaraan acara telah hilang karena tindakan tidak bertanggung jawab dari salah satu anggota panitia. Project manager yang bertanggung jawab atas dana telah diamankan oleh pihak berwajib.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya