Naysilla Mirdad
28 Mei 1988 - Sekarang

Ikut casting menemani kakaknya, Nasyilla Mirdad justru melampaui ekspektasinya. Ia malah menjadi salah satu bintang sinetron tersohor Indonesia.

Suara dan pembawaannya yang lembut membuat Nasyilla Mirdah atau biasa dipanggil Nay selalu mendapat peran protagonis. Kariernya dalam dunia hiburan cukup stabil dari awal kemunculannya pada 2005. Bakat akting yang dimilikinya tidak lepas dari kedua orangtuanya, Jamal Mirdad dan Lydia Kandau. Mereka adalah pemain film terkenal era 80-an.

Nasyilla Miirdad lahir di Jakarta pada 23 Mei 1988. Awal dirinya masuk ke dunia hiburan sebetulnya mengikuti jejak sang kakak, Nana Mirdad. Pada 2005, Nay ikut bermain dalam sinetron Liontin bersama sang kakak. Saat itu, Nay, menemani Nana ikut casting, dan ia juga ditawari untuk berpartisipasi dalam casting tersebut.

Setelah proses casting, Nay dinyatakan lolos, dan mendapatkan peran dalam sinetron Liontin. Dalam sinetron pertamanya itu, Nay mengaku tidak mengalami kesulitan. Hal itu karena ia memerankan Indy yang merupakan adik Manda (diperankan Nana Mirdad).

Keseharian Nay dan Nana sebagai kakak adik yang cukup dekat membuat Nay tidak perlu banyak menyesuaikan diri dalam berakting.

Nasyila Mirdad sempat mengalami krisis percaya diri pada awal-awal berakting. Ia juga sempat ingin mengundurkan diri karena sering membuat kesalahan saat pengambilan gambar. Dalam soal ini, peran Lydia sangat besar. Dia terus memberikan semangat pada Nay.

Nasyilla memang sangat mengagumi ibunya sebagai seorang aktris. Ia sering menonton film-film yang dibintangi ibunya, untuk belajar akting. Salah satu film Lydia Kandou, yang sering ditontonnya adalah Kejarlah Daku Kau Ku Tangkap. Ia merasa harus belajar banyak dari sang mama, karena menurutnya kemampuan aktingnya saat itu belum ada apa-apa. 

Setelah sinetron Liontin berakhir masa tayangnya, Nay mendapatkan tawaran bermain dalam sinetron stripping berjudul Intan sebagai pemeran utama. Tawaran ini tidak disia-siakannya. Dalam sinetron tersebut Nay banyak belajar akting langsung dengan para senior, karena ia beradu peran dengan Nani Wijaya dan Meriam Belina.

Sinetron Intan cukup laris dan memiliki rating tinggi. Bahkan lebih tinggi daripada Liontin. Sinetron Intan memiliki pemirsa setia yang selalu menunggu dan mengikuti alur ceritanya. Sinetron tersebut bercerita tentang seorang anak bernama Intan yang diperankan Nay. Sejak bayi, Intan sudah kehilangan kedua orang tuanya. Ayahnya meninggal dunia ketika ia bayi, sedangkan ibunya menikah lagi dan meninggalkan Intan dengan neneknya yang diperankan oleh Nani Wijaya.

Dalam sinetron Intan inilah, untuk pertama kalinya Nay berpasangan dengan Dude Herlino. Kekompakan dan keserasian mereka sebagai aktor dan aktris seringkali  memunculkan isu cinta lokasi. Mereka bahkan memiliki penggemar fanatik sendiri, disebut Dunay Lovers, yang merupakan pengemar berat Dude dan Nay.

Setelah bermain dalam sinetron Intan, Dude dan Nay semakin sering dipasangkan sebagai kekasih dalam satu sinetron. Seperti dalam sinetron Cahaya, Cincin, serta Doa dan Karunia. Kedua pemain sinetron ini, memang cukup dekat. Mereka pernah dikabarkan menjalin hubungan asmara. Bahkan, Nay dikabarkan menjadi seorang mualaf untuk bisa menikah dengan Dude.

Kabar itu muncul, karena Nay yang Katolik terlihat menjalani ibadah salat Idul Adha. Nay mengaku, ia memang setiap tahun menemani ayahnya yang seorang muslim menjalani salat Idul Fitri, maupun Idul Adha.

Nay mengaku, kedua orangtua membolehkannya mempelajarari dua agama berbeda. Nay diberi kebebasan memilih keyakinannya sendiri, dan tidak ada paksaaan baik dari ibu maupun ayahnya.

Kemampuan akting Nasyila Mirdad membuatnya cukup diperhitungkan dalam dunia sinetron. Honornya satu episode dikabarkan mencapai Rp 25 hingga 30 juta. Dia disebut-sebut sebagai salah satu aktris sinetron termahal.

Meskipun usianya masih sangat muda, Nay sudah memikirkan masa depannya secara detail. Kesibukannya bermain sinetron membuatnya menunda perkuliahan. Selepas SMA, Nay berkonsentrasi untuk bermain sinetron. Ia ingin berkuliah sambil bekerja, Saat itu, Nay sedang mengumpulkan uang untuk ditabung sebagai modal usaha.

Nasyila Mirdad akhirnya menjalankan bisnis resort bersama kakak dan orang tuanya. Dalam hal asmara, Nay cukup tertutup soal kisah percintaannya. Kabar paling sering muncul di media adalah hubungannya dengan Dude Herlino. Mereka sempat diisukan sudah melangsungkan pernikahan. Keduanya membantah. Adegan pernikahan itu terjadi hanya untuk keperluan pengambilan gambar.

Pada acara pertunangan Aldi dan Ririn Januari 2010 lalu, Nay tampak menggandeng pria yang bukan berasal dari kalangan artis. Pria tersebut diketahui bernama Jenda, dan Nay mengaku sudah berhubungan dengannya sejak 2008 lalu.

Awal kedekatan Nay dan Jenda adalah karena ‘perjodohan’ yang dilakukan teman-teman Nay. Saat pertama kali mereka dikenalkan, Jenda masih memiliki pasangan. Begitu juga Nay, yang saat itu masih berhubungan dengan Oscar Stefanus Setjo, seorang pria yang sedang menjalani pendidikan di Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah.

Selang beberapa tahun, tersiar kabar Nay tengah menjalin hubungan spesial dengan seorang pengusaha bernama Roestiandi Tsamanov. Nay pun berencana ingin menikah di tahun 2017. Tepatnya, setelah mereka 2 tahun bersama. Bila ini terjadi, Nasyila akan mengikuti jejak kakaknya yang sudah menikahl terlebih dahulu. (LE/AC/DN) (Photo: Instagram/Naysilla Mirdad)


KELUARGA     
Orang Tua     : Jamal Mirdad dan Lidya Kandou
Kakak             : Nana Mirdad
Adik                : Kenang Mirdad

PENDIDIKAN
SMU Seruni Don Bosco

KARIER
Sinetron
Liontin sebagai Indy
Bunga Kasih Sayang sebagai Bunga
Intan sebagai Intan
Maha Cinta
Melodi sebagai Melodi
Cahaya (sinetron) sebagai Cahaya
Aqso dan Madina sebagai Risma
Sekar sebagai Sekar
Isabella sebagai Isabella/Ingka
Doa dan Karunia sebagai Karunia
Dia Jantung Hatiku (2010) sebagai Aida
Dewa (2011) sebagai Dewa
Jodohku (2013) sebagai Dinda
Kita Nikah Yuk (2014) sebagai Mawar
Romeo & Juminten (2016) sebagai Juminten
Istri Untuk Papaku (2016) sebagai Tiarra

FTV
Bingkisan Tujuhbelasan (bersama dengan Ihsan dan Glenn Alinskie)
Sumi Benci Bule
Kisah Cinta Samaria
Untukmu Seluruh Nafas Ini
Jodoh Pilihan Untuk Ustadz
Sebaris Ayat
Allah Tau Siapa Yang Aku Sayang
Skandal Cinta
Nikah pada Pandangan Pertama
Rindu Sang Ibu
Jodoh Titipan Tante

Iklan
Sozzis
Krim Ekonomi Putih
Coca Cola
PLN
TV Panasonic Viera
Suzuki Swift
Bodrex
Mountea
Real Good
Toyota Kijang Innova
Indomie
Indomilk
Bank BRI Syariah
Lasegar
Sunsilk
Citra
Citroen
Ambeven
Colidan
Diapet
Mylanta
Polysilane
Promag

Video klip
ST12-Isabella

PENGHARGAAN
Aktris Terpuji (Televisi) Festival Film Bandung 2007
Nominasi Aktris Terfavorit Panasonic Awards 2007
Nominasi Aktris Terfavorit Panasonic Awards 2009
Nominasi Aktris Terfavorit Panasonic Gobel Awards 2010
Nominasi Aktris Terfavorit Panasonic Gobel Awards 2011
Nominasi Aktris Terfavorit Panasonic Gobel Awards 2012
Pasangan Sinetron Tersilet, Silet Awards 2014 bersama Ringgo Agus Rahman dalam sinetron Kita Nikah Yuk