Satgas Prokes PON XX Papua Bagikan 2 Juta Masker

Dok. Foto Satgas Covid-19.
Dok. Foto Satgas Covid-19.
Sumber :

VIVA – Hingga Selasa, 13 Oktober Satgas Prokes Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua telah membagikan 2 juta masker di empat klaster/ lokasi penyelenggaraan PON XX, yakni di Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke. Jumlah ini melampaui target yang ditentukan yakni 1 juta.

Selain para kepala sub satgas yang membuat rencana operasi kegiatan, para relawan, unsur TNI/Polri serta OPD terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) atau Satpol PP, dan Damkar aktif menyukseskan kegiatan ini.

“Pembagian masker gratis merupakan salah satu aktivasi posko Satgas Prokes PON XX selain memberi bantuan mesin PCR, aktivitas posko satgas prokes di 4 klaster penyelenggaraan dan pendampingan prokes bagi EO dan Panpel PON XX,"ujar Kasatgas Prokes PON XX Papua Prasinta Dewi, Kamis (14/10/2021).

Setiap hari, sejak 26 September 443 relawan telah membagikan kurang lebih 25 ribu hingga 91 ribu masker kepada masyarakat di venue pertandingan, juga calon penonton yang berada di luar venue petandingan.

Terkadang personil relawan juga masuk dan berkoordinasi dengan panpel jika dibutuhkan untuk penebalan pembagian masker di dalam arena pertandingan.

Selain itu target lainya adalah fasilitas pendidikan, instansi pemerintah, sarana ibadah, bandara, pasar dan tempat keramaian menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Pergerakan ini sewaktu-waktu bisa bergeser karena para relawan dilengkapi dengan 12 mobil masker.

Selain membagikan masker, para relawan juga membagikan ribuan hand sanitizer ke pengunjung di gerai-gerai masker. Juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana menjalankan protokol kesehatan.