Hari Kesaktian Pancasila, DPR: Momen Terapkan Ideologi Pancasila

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menjadi pembaca teks Pancasila dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, di Lubang Buaya, Jakarta, Sabtu, 1 Oktober 2022.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA – Memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada setiap 1 Oktober, Sekretariat Jenderal DPR RI bersama Sekretariat Jenderal MPR RI dan DPR RI menyelenggarakan upacara bendera di Gedung Sekretariat Jenderal DPR RI, Senin (03/10/2022).

Cari Titik Lemah Demokrasi RI, Cak Imin Masih Ingin Hak Angket Digulirkan

Plt deputi Persidangan Suprihartini mengatakan momentum Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan kembali pada kejadian sejarah dalam mempertahankan ideologi Pancasila, yaitu kejadian sejarah G30S PKI.

Momentum sejarah tersebut, menurutnya penting untuk menjadikan kita sebagai rakyat Indonesia senantiasa menjadikan Pancasila sebagai pegangan hidup dan pandangan hidup dalam berbangsa dan bernegara.

UU Pemilu Perlu Direvisi sebagaimana Pertimbangan MK, Menurut Anggota DPR

Sebab, Pancasila merupakan ideologi dasar bagi Bangsa Indonesia yang mengatur segala aspek kehidupan sehari-hari.

“Dengan Pancasila sebagaimana kita ketahui merupakan pondasi dasar ideologi Bangsa Indonesia dalam mengatur penyelenggaraan tata negara yang meliputi aspek ideologi, politik, ekonomi dan ini juga merupakan satu momentum bagi kita semua agar kita senantiasa menjadikan Pancasila sebagai pegangan hidup, pandangan hidup dan dasar negara kita," ujarnya kepada Parlementaria, usai pelaksanaan upacara.

MK Tolak Gugatan 01 dan 03, Demokrat: Selanjutnya Pak Prabowo Butuh Penguatan di Parlemen

Untuk itu, Suprihartini berpesan kepada Aparatur Sipil Negara yang bekerja di lingkungan Setjen DPR RI agar senantiasa menjadikan Pancasila sebagai falsafah hidup utamanya dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaraan dengan baik sehingga dapat memberikan layanan yang baik pula kepada masyarakat.

"Untuk teman-teman ASN dan juga untuk kita semua, marilah kita jadikan Pancasila terus bersama dalam falsafah hidup kita, dalam ideologi kita, dalam menjalankan semua kegiatan penyelenggaraan negara, khususnya bagi kita ASN dalam memberikan layanan kepada masyarakat," tutupnya.

Ketua MPR Bambang Soesatyo saat membuka sidang tahunan MPR 2023

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, seluruh elemen bangsa perlu bergandengan tangan,

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024