Wagub Buka Muswil DMI Kaltim, Profesor Masjaya Pimpin 2023 - 2028

Wakil Gubernur Kaltim, H Hadi Mulyadi
Sumber :
  • Pemprov Kalimantan Timur

VIVA – Wakil Gubernur Kaltim H Hadi Mulyadi membuka Musyawarah Wilayah (Muswil) VIII Dewan Masjid Indonesia (DMI) Provinsi Kaltim di Gedung Olah Bebaya, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim, Jum’at 12 Mei 2023.

Penuhi Keinginan Babe Cabita, Istri lelang Vespa Demi Bangun Pesantren dan Masjid

Atas nama Pemerintah Provinsi Kaltim, Wagub Hadi Mulyadi menyambut baik dan mengucapkan sukses atas dilaksanakannya Musyawarah Wilayah ke-VIII Dewan Masjid Indonesia Provinsi Kaltim.

"Semoga menghasilkan rekomendasi dan keputusan tepat yang berguna untuk eksistensi DMI Kaltim, serta kemaslahatan umat dan kemakmuran masjid di masa-masa yang akan datang," harapnya.

Polri Bakal Pindahkan Personel ke IKN Mulai Pertengahan 2024

Saat ini lanjutnya, jumlah penduduk Kaltim lebih kurang 3,8 juta jiwa dan sekitar 3,32 juta atau 87.41 persen beragama Islam.

"Data yang kami dapat di tahun 2021 terdapat 2.984 unit masjid dan 3.034 langgar atau musalla," sebutnya.

Buka MTQ ke-38 Jabar, Pj Gubernur Bey: Simbol Kecintaan Umat Islam Terhadap Alquran

Kedepan jumlah rumah ibadah umat Islam akan terus bertambah dan kewajiban DMI untuk melakukan pembinaan kepada Takmir Masjid untuk memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan.

"Apa yang dilakukan jajaran DMI, pasti berdampak pada program-program pemerintah. Dan kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, tetapi perlu sinergi dan kolaborasi demi kemaslahatan umat, sekaligus memakmurkan masjid," ungkap orang nomor dua Benua Etam ini.

Mewakili Ketua Umum H Jusuf Kalla, Sekretaris Jenderal PP DMI H Imam Addaruqutni meminta seluruh jajaran pengurus DMI ditingkat wilayah hingga daerah agar bekerja sesuai amanah dan program kerja organisasi.

"DMI ini sudah saatnya besar hingga di tingkat nasional. Terlebih Kaltim telah ditetapkan sebagai ibu kota negara kita yang baru. Ini momentum yang tidak bisa dilepaskan DMI. Kita tidak saja memakmurkan masjid, tapi dimakmurkan masjid," pesannya.

Karenanya, diperlukan konsolidasi yang kuat diinternal DMI dan membangun konsolidasi dengan pihak lain, terutama berkolaborasi dengan Pemerintah.

"Kami berterimakasih kepada Bapak Gubernur dan Bapak Wagub Kaltim yang sudah memberikan dorongan dan dukungan atas kinerja DMI, semoga ini terus berlanjut dan semakin meningkat," ujarnya.

Sekretaris Muswil DMI Provinsi Kaltim Muhammad Idris mengemukakan Muswil digelar sehari diikuti tujuh dari sepuluh pengurus daerah DMI se Kaltim.

"Alhamdulillah Muswil berjalan lancar tanpa kendala dan secara aklamasi telah terpilih Bapak Profesor Masjaya sebagai Ketua Umum PW DMI Kaltim periode 2023-2028," jelasnya.

Dia pun menambahkan diperkirakan dalam tempo tiga bulan kedepan, kepengurusan PW DMI Kaltim periode 2023-2028 segera dilantik oleh Ketua Umum PP DMI H Jusuf Kalla.

Hadir jajaran Forkopimda Kaltim, Kepala Kanwil Kementerian Agama Kaltim H Abdul Kholiq, Ketua PW DMI Kaltim H Ambo Dalle, Ketua MUI Kaltim, pimpinan ormas Islam, pemuda, tokoh masyarakat dan agama, serta Pengurus Daerah DMI Kabupaten dan Kota se Kaltim.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya