Tak Ingin Hanya Seremonial, Mas Dhito Targetkan KKPD di Semua OPD Berjalan

Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana
Sumber :
  • Pemkab Kediri

VIVA – Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana melaunching Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD) untuk menerapkan transaksi non tunai di lingkup Pemerintah Kabupaten Kediri.

Transaksi Aplikasi Kopra Bank Mandiri Capai Rp4.800 Triliun, Pengguna Naik 2 Kali Lipat

Dalam peluncuran KKPD tersebut, Mas Dhito (sapaan akrabnya) menegaskan agar program ini tak hanya seremonial saja. Namun benar-benar diimplementasikan di tiap OPD.

Curhat UMKM Omzet Terdongkrak Pakai Layanan QRIS: Tak Bawa Cash Tetap Beli

“Yang paling penting adalah KKPD ini tidak hanya seremonial saja,” kata Mas Dhito pada Rabu (25/10/2023).

Orang nomor satu di Kabupaten Kediri ini mengatakan, melalui KKPD ini Pemerintah Kabupaten Kediri terus berkomitmen untuk menerapkan transaksi non tunai (TNT). Disamping itu juga untuk meningkatkan keamanan transaksi.

BI Tegaskan Biaya Layanan QRIS 0,3 Persen Ditanggung Pedagang Bukan Konsumen

Sehingga nantinya diharapkan dapat mengoptimalkan pendapatan asli daerah (PAD). Pihaknya juga berharap, KKPD ini bisa diterapkan di semua OPD pada 2024 mendatang.

Selain itu, lanjut Mas Dhito, KKPD juga sangat mempermudah pemerintah untuk membuat berbagai laporan keuangan. Sehingga, penggunaaan kertas dalam pelaporan tersebut juga dapat diminimalisir.

“Sebenarnya mempermudah pelaporan, dan berkesinambungan dengan semangat Pemkab untuk melakukan transaksi non tunai,”

Sementara, dalam penyampaian laporannya, pelaksana tugas Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Kediri, Erfin Fatoni menjelaskan, di tiga bulan terakhir 2023 ini KKPD akan diterapkan di BPKAD sebagai pilot projek.

“Nanti tahun 2024 semua SKPD sudah menerapakan KKPD ini,” ucapnya.

Erfin menyampaikan setelah dilaunchingnya KKPD ini, pihaknya menggandeng bank Jatim dan BNI sebagai mitra Pemkab untuk melakukan sosialisasi di masing-masing OPD.

Dengan harapan dalam pelaksanaan KKPD, OPD di lingkungan Pemkab Kediri bisa lebih optimal sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Mas Dhito.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya