Diikuti 6 Tim, Srikandi Cup 2020 Dimulai di Cirebon

Srikandi Cup 2020 resmi bergulir
Sumber :
  • Media Srikandi Cup

VIVA – Kompetisi bola basket putri kasta tertinggi Indonesia, Srikandi Cup 2020, bakal segera bergulir. Seri pembuka akan dihelat di Cirebon pada 3-8 Februari 2020.

Sapu Bersih Seri 2, Merpati Bali Kuasai Klasemen Srikandi Cup

Mengambil tempat di GOR GMC Cirebon yang mana kandang dari sang juara pramusim, GMC Cirebon, Srikandi Cup musim ini akan kembali diikuti enam tim, yakni Merpati Bali, Sahabat Semarang, Flying Wheel Makassar, GMC Cirebon serta dua tim asal Jakarta, Scorpio dan Tanago Friesian.

Menatap musim baru yang semakin kompetitif, Srikandi Cup 2020 akan memiliki format baru. Nantinya, setiap tim akan bertemu empat kali selama empat seri reguler. Dan di partai semifinal akan menggunakan format best of three.

Persaingan Merpati Bali dan GMC Panaskan Srikandi Cup Seri 2

"Liga basket putri Srikandi Cup semakin kompetitif. Semoga dengan kompetisi yang konsisten dan tertata dengan baik, bisa memberikan dampak prestasi untuk timnas," ujar Ketua Koordinator Srikandi Cup, Deddy Setiawan, dalam rilis yang diterima VIVAnews.

Persaingan musim ini memang lebih ketat. Terbukti, GMC mampu menjadi juara di turnamen pramusim yang dihelat di Pekanbaru, awal Januari silam.

Pramusim Srikandi Cup Hadirkan Coaching Clinic

Oleh karenanya, setiap tim terus meningkatkan kekuatannya agar bisa merebut takhta juara. Seperti yang dilakukan sang juara musim lalu, Merpati Bali. Menurut sang pelatih, Bambang Asdianto Pribadi, mempertahankan gelar juara akan lebih sulit dibanding merebutnya. 

"Turnamen pramusim lalu hanya ajang pemanasan saja. Saya tidak mau pemain GMC cepat puas. Walau secara hasil juga patut disyukuri sebab pemain muda kami bisa terus belajar. Tapi ajang sesungguhnya dimulai dari seri ini," kata pelatih GMC, Arif Gunarto.

"Di pramusim kebanyakan belum full team, jadi belum bisa dijadikan tolak ukur yang sebenarnya. Sebab, semuanya masih mencoba memainkan para pemain mudanya," lanjutnya.

Berlangsungnya Srikandi Cup musim ini juga diharapkan sebagai titik kebangkitan liga basket putri agar bisa dinikmati dan menjadi sarana hiburan keluarga, serta menginspirasi calon pebasket putri yang lebih tangguh di masa depan.

"Harapannya, kami bisa memberikan influence agar kompetisi putri digelar lebih banyak lagi mulai dari tingkat sekolah, perguruan tinggi, klub ataupun antar instansi. Untuk itu semua klub peserta Srikandi harus terus berbenah memajukan kualitas pertandingan dan juga aspek pendukung lainnya," kata juru racik Scorpio, Budi Wardoyo.

Berikut jadwal Srikandi Cup 2020
Seri 1: Cirebon 3-8 Februari

Seri 2: Jakarta 12-18 Februari

Seri 3: Makasar 17-22 Maret

Seri 4: Semarang 7-13 April

Playoffs: Semarang 14-19 April

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya