Genjot Pariwisata, Bintan Gelar Ajang Triathlon Kelas Dunia

Konferensi pers Triathlon Ironman 70.3
Sumber :
  • VIVA/Donny Adhiyasa

VIVA –  Geliat dunia olahraga nasional kini tengah menggeliat seiring makin dekatnya Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Dan tak hanya kemeriahan Asian Games saja, ajang olahraga "manusia super" Ironman 70.3 di Bintan, Kepulauan Riau juga akan tersaji pada 18-19 Agustus 2018 mendatang.

Kembali Digelar, VR Run Series 2020 Suguhkan Pengalaman Baru

Ironman 70.3 Bintan yang baru pertama kali diselenggarakan di Indonesia ini akan menghadirkan deretan atlet triathlon kelas dunia, dengan komposisi 15 persen atlet nasional dan 85 persen atlet internasional. Penyelenggaraan lomba ini tersebar di 6 benua dengan total ada 83 negara yang pernah berpartisipasi dalam ajang tersebut.

Perhelatan ini juga menjadi agenda triathlon terkemuka di Asia Pasifik dengan target jumlah peserta mencapai 1.300 atlet.

Dengan berlangsungnya event ini, diharapkan ada dampak signifikan dalam peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara dan promosi pariwisata Indonesia khususnya di Pulau Bintan.

"Gencarnya pemberitaan ajang yang begitu mengglobal ini akan semakin memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia," ungkap Menteri Pariwisata, Arief Yahya, dalam konferensi pers di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta pada Rabu 11 Juli 2018.

Sungailiat Triathlon, Tawarkan Tantangan Baru dan Hadiah Lebih Besar

Adapun daya tarik utama Bintan yang dipercaya sebagai tempat penyelanggaraan Ironman 70.3 kali ini karena memiliki pesona alam seperti pantai pasir putih, taman laut dan hutan tropis serta fasilitas infrastruktur kelas dunia.

Selain itu, lokasinya yang hanya 45 menit dari Singapura menjadikan Bintan sebagai destinasi utama wisatawan mancanegara.

Adapun jarak lintasan yang jadi medan laga di ajang ini adalah menggabungkan kemampuan berenang sejauh 1,9 kilometer, bersepeda 90 kilometer dan lari 21,1 kilometer yang jika ditotal jarak tempuh seluruhnya mencapai 70,3 mil.

Acara inti dari lomba Ironman 70.3 Bintan akan dihelat pada 19 Agustus mendatang, di mana sehari sebelumnya akan berlangsung Ironkids Fun Run.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya