Tekad Atlet Berhijab Wujudkan Mimpi di Olimpiade Remaja 2018

Azzahra Permatahani, Adinda Larasati Dewi (hijab), Azel Helmi Aryalingga, Farrel Armandio Tangkas.
Sumber :
  • Media PRSI

VIVA – Usianya memang bisa dibilang masih muda, namun prestasi yang diukir oleh Adinda Larasati Dewi di cabang olahraga renang tidak bisa dianggap remeh. Gadis berusia 18 tahun ini merupakan pemegang rekor renang untuk nomor 100 dan 200 meter gaya kupu-kupu dan 800 meter gaya bebas. 

Dukung Sport Tourism Lewat Sungailiat Triathlon 2024

Tahun 2018 ini, Adinda terpilih menjadi salah satu wakil Indonesia di Youth Olympic Games (YOG) 2018 di Argentina. YOG akan berlangsung pada 6-18 Oktober, dengan jumlah atlet mencapai 3998 dari 206 negara dengan 32 cabang olahraga. 

Bertarung di kancah internasional membuat Adinda mempersiapkan diri dengan baik. Tidak kurang dalam sehari ia berlatih lebih dari enam jam. 

Kolaborasi Akuatik Indonesia dengan Komunitas Renang Indonesia di Festival OWS Bali

"Untuk persiapan seperti biasa, tapi memang ditambah lagi. Pagi biasanya saya berlatih 2,5 jam, trus lanjut Gym 1 jam di siang hari dan 2 jam latihan renang di sore hari," kata Adinda kepada VIVA, Selasa, 2 Oktober 2018 di Jakarta. 

Adinda merupakan pemegang rekor nasional 100 meter gaya kupu-kupu (1 menit 1 detik), 200 meter gaya kupu-kupu (2 menit 12 detik) dan 800 meter gaya bebas (8 menit 52,80 detik). 

Anggota TNI Serda Archia Febra Raih Penghargaan Usai Taklukan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

Selain memegang rekor nasional, prestasi Adinda di ASEAN School Games 2017 di Singapura lalu sangat luar biasa. Ia berhasil meraih enam emas perseorangan dan tiga emas estafet. 

Adinda pun memiliki target tersendiri di YOG 2018 tersebut. Ia ingin memperbaiki catatan waktu terbaiknya. 

"Saya ingin memperbaiki best time saya dulu. Lawan terberat siapa, saya belum paham karena ini merupakan ajang pertama bagi saya. Mungkin lawan-lawan terberat hampir sama kayak pas di Asian Games lalu. Dengan ikutnya saya di YOG, maka saya bisa banyak belajar untuk mengetahui lawan-lawan," kata perempuan berhijab ini. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya