Anggota TNI Serda Archia Febra Raih Penghargaan Usai Taklukan Selat Sunda Sejauh 39 Kilometer

Serda Archia Febra
Sumber :
  • Situs Resmi TNI AD

Jakarta - Serda Archia Febra tengah menjadi perbincangan hangat pasalnya anggota TNI dari Korps Wanita Angkatan Darat (KOWAD) mampu berenang di laut Selat Sunda sejauh 39 Kilometer.

Mayjen Gadungan Nekat Masuk Markas TNI, Fakta-fakta Penyebab Tewasnya Polisi di Mampang

Sudah menjadi suatu keharusan menjadi anggota TNI memiliki kemampuan berenang di atas rata-rata- Hal ini juga ditujukan oleh Serda Archia Febra sebagai di kesatuan KOWAD.

VIVA Militer: Kowad Archia Febra Sebrangi Selat Sunda

Photo :
  • Instagram @archiafebra
Aksi Mulia Prajurit Wing Komando I Kopasgat Sentuh Warga Kampung Jatiwaringin Pondok Gede

Serda Archia Febra yang kini berusia 28 tahun yang berasal dari satuan Direktorat Keuangan TNI AD berhasil menerima penghargaan pada tahun 2018 setelah dirinya menjadi perwakilan di TNI AD dalam perlombaan renang sejuah 39 kilometer yang menyebrangi Selat Sunda.

Dilansir situs resmi TNI Angkatan Darat, Rabu 3 April 2023. Dalam lomba tersebut, Serda Archia Febra mampu berenang di Selat Sunda dan menghabiskan total 11 jam 27 menit sebelum akhirnya menyentuh garis finis di Tanjung Sekong, Merak, Cilegon, Banten.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Serda Archia Febra mulai berenang dari Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Bakauheni, Lampung pada Jumat 2 Maret pukul 21.50 WIB dan finish pada hari Sabtu 3 Maret pukul 11.45 WIB.

Wanita asal Jember tersebut memang memiliki hobi olahraga renang sejak kecil. Bahkan Serda Archia Febra menjadi Anggota TNI AD lewat jalur unggulan (seleksi khusus bagi atlet-atlet yang berniat gabung dan berkarier sebagai prajurit TNI).

Atas prestasinya tersebut, mantan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono memberikan penghargaan kepada Serda Archia Febra berupa satu unit sepeda motor.

Setelah mendapatkan penghargaan, Serda Archia Febra menuturkan bahwa lomba renang yang digelar oleh Korps Marinir kali ini merupakan terberat dengan jarak tempuh terjauh yang pernah ia ikuti.

VIVA Militer: Archia Febra Dengan Mantan Kasad Jenderal TNI Mulyono

Photo :
  • Instagram @archiafebra

Sebelumnya ia juga pernah mengikuti lomba renang antara lain Piala Panglima TNI di Ancol, KSAL Cup di Kendari, dan juga lomba di Selat Madura (Suramadu), "Keberhasilan ini (menyelesaikan lomba) saya persembahkan untuk diri saya, keluarga, dan juga untuk TNI AD."

Serda Archia Febra menambahkan lebih lanjut, berkat gemblengan yang ia dapatkan dari TNI AD, menjadikannya pribadi yang gigih dan pantang menyerah. Itulah mengapa, meskipun menjalani lomba dalam keadaan gelap gulita dan lelah melanda, namun ia terus berjuang sampai akhirnya mencapai finish.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya