Jonatan Christie Tumbangkan Raja Bulutangkis Eropa di French Open

BWF World Tour.
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Jonatan Christie akhirnya mengikuti jejak Anthony Sinisuka Ginting lolos ke semifinal BWF World Tour Super 750, French Open 2019 usai mengalahkan Anders Antonsen di perempatfinal.

Kalah di Semifinal French Open 2024, Titik Balik Chico Aura Usai Cedera

Dalam duel yang dilangsungkan di Stade Pierre de Coubertin, Paris, Prancis, Jumat malam 25 Oktober 2019, terjadi pertarungan sengit dan saling salip poin di detik akhir laga.

Sejak game pertama dimulai Jojo langsung menggempur pertahanan raja tunggal putra Eropa itu, hasilnya 4 angka beruntun didapatkan untuk membuka duel dengan keunggulan 4-0.

Fajar/Rian Tumbang, Chico Aura Satu-satunya Wakil Indonesia di Semifinal French Open 2024

Terlihat jelas juara Indonesia Masters 2019 kewalahan menghadapi juara Australian Open 2019 itu, Anders sangat kesulitan menembus pertahanan Jojo, efeknya saat jeda pertengahan game dia tertinggal dengan angka telak 11-4.

Usai jeda tensi laga tak berubah, meski tertinggal angka sangat jauh, belum terlihat Anders meningkatkan serangan. Sementara Jojo tampak semakin percaya diri dan lebih berani memainkan bola-bola silang ke area pertahanan Anders.

Kandaskan Anders Antonsen, Chico Aura Tembus Semifinal French Open 2024

Namun, beberapa kali Jojo membuat kesalahan sendiri sehingga perolehan angka semakin menipis, di menit 12 angka di papan skor tertulis 12-9 untuk keunggulan sementara Jojo.

Tapi sangat disayangkan, Jojo gagal mempertahankan keunggulan, di menit 18, pebulutangkis Denmark itu untuk pertama kalinya malah bisa menyamakan angka 13-13.

Jojo sempat unggul lagi 14-13. Hanya saja keunggulan itu tak bertahan lama, Anders lagi-lagi bisa membalikkan keadaan untuk unggul jauh 14-17 usai mendapatkan 4 angka beruntun melalui smes-smes mematikan.

Memasuki waktu krusial Jojo berhasil menipiskan ketertinggalan poin setelah meraup 2 angka untuk mengubah skor jadi 16-17. Di detik akhir game, Anders semakin gemilang saja, dan akhirnya di 25, sebuah smes keras dari Anders menutup game pertama dengan kemenangan 17-21.

Kekalahan di game pertama membuat Jojo membara, di game kedua dia langsung menekan Anders tanpa ampun sejak awal. Hasilnya dengan cepat Jojo unggul telak 6-1.

Hanya saja, setelah unggul Jojo mulai kehilangan fokus, efeknya Anders dengan mudah pula bisa merapatkan perolehan poin jadi 6-5. Dan saat jeda Jojo masih bisa unggul dengan poin 11-6.

Namun, lagi dan lagi Jojo kehilangan arah bermain, dengan mudahnya akhirnya Anders bisa menyamakan angka usai jeda jadi 11-11. Tak hanya itu, Anders berbalik unggul 11-13, setelah mendapatkan 7 angka beruntun selepas jeda.

Memang Jojo sempat menyamakan angka 13-13. Tapi Anders kembali menguasai perolehan angka dengan kembali unggul pada kedudukan 14-16. Malahan di detik akhir game, Jojo masih tertinggal dua poin di skor 17-19.

Tapi kali ini Jojo yang membuat Anders terkejut, dia berhasil menyodok dan berbalik unggul 20-19 setelah mendapatkan 3 poin beruntun. Dan akhirnya di menit 53 sebuah smes Jojo gagal dikembalikan Anders. Dan Jojo mencuri kemengan dramatis itu dengan angka 21-19.

Pada game terakhir, entah apa yang terjadi, Jojo mendadak loyo. Di awal game saja dengan mudah giliran Anders yang unggul cepat pada kedudukan 1-5. Malah Anders menambah keunggulan di menit 60 menjadi 3-7.

Dalam kondisi tertinggal Jojo mulai membangun serangan secara perlahan satu persatu angka didapat, dan pada menit 63 Jojo mampu menyamakan poin 7-7. Dan berhasil berbalik unggul 8-7. Bahkan saat  jeda Jojo berhasil mempertahankan keunggulan dengan angka 11-9.

Setelah pergantian arena, Jojo mendapatkan 3 poin beruntun hasil dari sebuah smes keras dan dua kesalahan  pengembalian bola dari Anders. Skor berubah drastis  14-9.

Anders mendapatkan 1 poin untuk memangkas kertetinggalan jadi 14-10, usai itu Jojo kembali mendapatkan 2 angka untuk unggul jauh 16-10. Hingga menit 75, Jojo masih unggul angka 17-13. Dan akhirnya Jojo menutup game penentu itu dengan kemenangan telak 21-16.

Ini merupakan pertemuan ketiga Jojo dan Anders, di dua duel sebelumnya mereka sama-sama saling mengalahkan.

Sementara itu dengan kemenangan ini, dia lolos ke semifinal untuk menghadapi pemenang laga antara Ng Ka Long Angus dengan Viktor Axelsen.

Baca: Hajar Ranking 4 Dunia, Praveen/Melati Lolos Semifinal French Open

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya