Nasib Mujur Pebulutangkis Militan Malaysia Penghancur Fajar/Rian

BWF World Tour.
Sumber :
  • IG Aaron Chia

VIVA – Aaron Chia/Soh Wooi kiranya layak dijuluki pebulutangkis paling mujur di akhir tahun 2019 ini. Mau tahu kenapa?

Hasil Perempat Final Thomas Cup 2024: Malaysia Tumbangkan Jepang

Bukti ganda Malaysia ini jadi pebulutangkis paling mujur akhir tahun dimulai dari lolosnya mereka ke BWF World Tour Finals 2019.

Mereka berhasil lolos ke ajang tertinggi rangkaian turnamen tahunan bulutangkis dunia meskipun dalam daftar ranking tur dunia kala itu mereka hanya berada di peringkat 9 lho.

Fajar/Rian Juara All England 2024

Sesuai aturan, mereka tak memenuhi syarat, sebab yang berhak lolos ke BWF World Tour Finals hanya mereka yang bercokol di ranking 8 besar tur BWF.

Hanya saja, mereka dinyatakan lolos setelah ganda RI, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tersandung masalah aturan jatah kuota negara.

2023 dan Catatan Terburuk Bulutangkis Indonesia

Sesuai aturan, setiap negara hanya berhak mendapatkan 2 jatah lolos ke BWF World Tour Finals untuk setiap sektornya. Jika tak ada aturan itu pasti Fajar/Rian ikut ke BWF World Tour Finals 2019. Karena mereka berada di peringkat 6 ranking tur BWF.

Namun, karena ada aturan itu otomatis juara Korea Open 2019 tersebut dipastikan gugur, sebab sudah Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang menyegel dua tiket lolos BWF World Tour Finals 2019.

The Minions lolos dengan bekal peringkat 1, sedangkan The Daddies lolos dengan modal tiket khusus sebagai Juara Dunia 2019 sekaligus berbekal ranking 2. Karena itulah akhirnya Aaron/Soh secara otomatis lolos ke BWF World Tour Finals 2019.

Kemujuran lainnya ialah, di BWF World Tour Finals 2019 penampilan Aaron/Soh jauh dari harapan. Padahal mereka baru saja merebut emas di SEA Game 2019. Dan di ajang dua tahunan itu mereka mampu dua kali menghancurkan ganda putra terkuat Asia Tenggara, Fajar/Rian.

Hanya saja di BWF World Tour Finals 2019, mereka gagal lolos ke semifinal akibat mengalami dua kekalahan beruntun di babak penyisihan Grup B. Yang pertama dihajar Ahsan/Hendra lalu laga kedua mereka dilibas Lee Yang/Wang Chi-Lin.

Dari 3 laga penyisihan grup, Aaron/Soh hanya mampu meraih satu kemenangan. Mereka memenangkan laga terakhir melawan ganda otot super asal Taiwan, Lu Ching Yao/Yang Poh Han.

Nah yang terbaru, mereka juga kembali mendapatkan keberuntungan. Meski tak lolos ke semifinal dan cuma meraih satu kemenangan, ternyata hasil itu cukup membuat mereka mencetak sejarah baru dalam hidup mereka.

Tahu gak, dalam daftar ranking bulutangkis terbaru yang diterbitkan BWF, di pekan 51 ini untuk pertama kalinya runnerup All England Open 2019 ini berhasil duduk di ranking 8 besar dunia.

Mereka melesat dari ranking 12 dunia dengan bermodalkan poin yang didapatkan dari satu kali kemenangan di BWF World Tour Finals 2019, di ajang ini mereka diganjar poin sebesar 6.600.

Sepanjang sejarah karier bulutangkisnya, ranking terbaik Aaron/Soh cuma sampai ke peringkat 9 dunia. Mereka duduki ranking 9 dunia pada Juli 2019.

Baca: Luar Biasa, Kevin/Marcus Cetak Rekor Baru Fantastis Dunia

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya