Tuntutan Balapan F1 Musim 2020 Batal Akibat Pandemi Corona Muncul

Formula 1 Australia
Sumber :
  • Essentiallysports

VIVA – Sampai sekarang, belum diketahui bagaimana nasib balapan Formula 1 musim 2020 akibat pandemi virus corona COVID-19 yang belum juga reda. Sudah empat bulan berjalan di 2020, dan F1 belum juga menggelar satu pun seri balapan.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

Tentu, ini menjadi kekhawatiran. Kalender balapan pastinya akan rusak. Banyak kontrak yang terbengkalai dan menghadirkan kerugian besar.

Demi menghindari risiko yang lebih besar, ada anjuran agar F1 musim 2020 dibatalkan.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Mantan bos F1, Bernie Ecclestone, menganjurkan agar musim 2020 tak digelar karena alasan force majeure. Selama pandemi virus corona, tak ada satu pun pihak yang tahu perkembangan dari menit ke menitnya.

"Fokus saja ke 2021, bersiap ke Maret tahun depan karena situasi sekarang tak memungkinkan. Bagaimana kita bisa memprediksi situasi yang terus berubah? Apalagi, kita cuma tahu sedikit soal virus macam ini," kata Ecclestone dikutip Correre della Sea.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

Bos F1,  Bernie Ecclestone (kiri) .

Ecclestone mengaku sudah menerima banyak panggilan telepon dari berbagai penyelenggaran F1 di negara-negara tuan rumah. Mereka meminta saran dari Ecclestone terkait situasi yang berkembang.

"Mereka tak tahu, dengan kondisi sekarang, apakah bisa jual tiket atau tidak. Dengan berbagai macam keterbatasan, apakah mungkin balapan bisa digelar?" ujar pria 89 tahun itu.

Masalah tak cuma berkutat di penyelenggara saja. Tim-tim F1 juga mulai mengalami krisis keuangan.

Banyak tim yang mulai mengambil kebijakan meminggirkan karyawan dengan sistem cuti besar tanpa digaji. Dari sini, terlihat dengan jelas, ada kesulitan bagi setiap tim untuk berpartisipasi dalam balapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya