Ramah Lingkungan, Ini 8 Inovasi Jepang di Olimpiade Tokyo 2020

Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020
Sumber :
  • Twitter @olympics

VIVA – Olimpiade Tokyo 2020 belakangan ini sedang menjadi perbincangan hangat di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Diadakan di Jepang, Olimpiade ini ternyata memiliki berbagai inovasi kreatif yang patut diacungi jempol.

Perjuangan Bernard van Aert Akhiri Penantian 20 Tahun Balap Sepeda Indonesia di Olimpiade

Selain berhasil menyatukan masyarakat Indonesia untuk mendukung atlet-atlet yang tampil untuk berlaga dan merebut medali kemenangan, Olimpiade ini juga berhasil menjadi Olimpiade paling ramah lingkungan.

Bagaimana tidak, berbagai inovasi dalam Olimpiade Tokyo 2020 kali ini dibuat dari bahan daur ulang dan ramah lingkungan. Dikutip dari The National News, simak 8 inovasi dan inisiatif Jepang di Olimpiade Tokyo 2020 kali ini.

Daftar Juri SATU Indonesia Awards 2024, Ada Raline Shah

1. Tempat tidur cardboard

Kasur cardboard di Olimpiade Tokyo 2020.

Photo :
  • The National News
Astra Gelar SATU Indonesia Awards 2024, Ini Syarat Jadi Peserta

Seluruh atlet yang datang untuk bertanding di Olimpiade Tokyo 2020 akan beristirahat dari kasur yang terbuat dari cardboard. Kasur ini didesain untuk menampung beban hingga 200 kg. Khusus Olimpiade ini, sebanyak 18.000 kasur berukuran single dibuat dan akan kembali didaur ulang usai dipakai.

2. Medali daur ulang

Medali Olimpiade Tokyo 2020

Photo :

Yang paling menarik dan unik di Olimpiade ini tentunya terletak pada medalinya yang juga terbuat dari bahan daur ulang. Sebanyak 5.000 medali di Olimpiade Tokyo dibuat dari metal yang didapat dari perangkat elektronik bekas.

Dari hasil daur ulang itu, diperoleh 32 kg emas, 3.500 kg perak, dan 2.200 kg perunggu dari 6,2 juta ponsel bekas.

3. Podium plastik

Podium plastik di Olimpiade Tokyo 2020.

Photo :
  • The National News

Podium yang digunakan sebagai tempat berdirinya para atlet saat menerima medali juga terbuat dari plastik daur ulang, lho. Plastik tersebut didapat dari plastik yang terbuang ke laut dan dari donasi masyarakat Jepang.

Saat Olimpiade selesai, podium-podium itu akan digunakan kembali. Beberapa akan didaur ulang untuk botol sebuah sponsor.

4. Energi terbarukan

Energi terbarukan di Olimpiade Tokyo 2020.

Photo :
  • The National News

Selama pertandingan yang digelar di Jepang, Olimpiade Tokyo memanfaatkan sumber energi terbarukan, seperti energi panel surya dari petani di Tamakawa, Naraha dan Okuma, Fukushima. Adapun venue pertandingan yang memanfaatkan lampu LED.

5. Arsitektur daur ulang

Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

Photo :
  • https://twitter.com/Olympics

Kebanyakan fasilitas yang tersedia di Olimpiade Tokyo sudah tersedia dari zaman dulu. Penggunaan kayu yang ada pada berbagai venue nantinya akan dimanfaatkan untuk membangun bangunan umum lainnya usai Olimpiade selesai.

6. Obor dari limbah alumunium

Obor dari bahan daur ulang di Olimpiade Tokyo 2020.

Photo :
  • The National News

Obor di Olimpiade Tokyo yang didesain oleh Tokujin Yoshioka terbuat dari bahan daur ulang yang didapat dari hunian sementara yang digunakan setelah tsunami dan gempa bumi tahun 2011.

7. Kendaraan listrik

Kendaraan listrik di Olimpiade Tokyo 2020.

Photo :
  • The National News

Selama tinggal untuk berlaga di Olimpiade, para atlet akan diangkut menggunakan kendaraan listrik untuk melihat sekitar lokasi Olimpiade. Kendaraan ini merupakan kendaraan buatan Toyota yang dimodifikasi agar dapat diakses oleh para atlet, tetapi tetap bebas emisi.

8. Seragam plastik

Jersey daur ulang untuk Olimpiade Tokyo 2020.

Photo :
  • The National News

Seragam jersey yang dikenakan di Olimpiade Tokyo 2020 terbuat dari hasil daur ulang botol plastik merk minuman Coca-Cola. Pakaian tersebut didesain oleh Daisuke Obana.

Itulah sejumlah inovasi ramah lingkungan Jepang di Olimpiade Tokyo 2020 yang sukses mencuri perhatian masyarakat dunia. Keren, ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya