Indonesia Menolak Angkat Besi Dicoret dari Olimpiade

Bendera logo Olimpiade
Sumber :
  • olympic.org

VIVA – Indonesia bakal memperjuangkan betul cabang olahraga angkat besi tetap dipertandingkan di Olimpiade 2028 Los Angeles. Ada wacana dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk menghapuskannya.

Media Asing Gak Yakin Timnas Indonesia Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024: Mereka Tak Diunggulkan

Angkat besi, tinju, dan modern pentathlon adalah tiga cabang olahraga yang diusulkan untuk dihapus pada Olimpiade 2028 Los Angeles. Alasannya, ketiganya selama ini jadi sarang penggunaan doping.

Sebagai gantinya, IOC akan memasukkan panjat tebing, skateboard, dan surfing. Tapi ini masih belum ketuk palu, mereka yang keberatan masih terus berjuang untuk membatalkan gagasan tersebut.

Pebulutangkis Jepang Kento Momota Putuskan Pensiun

Wakil Ketua Umum PB PABSI, Djoko Pramono memberi penjelasan mengenai penolakan pihaknya atas penghapusan angkat besi di Olimpiade 2028 Los Angeles. Terkait dengan banyak temuan penggunaan doping, menurut dia tak bisa lantas diseragamkan.

"Sampai saat ini, IWF (Federasi Angkat Besi Dunia) terus berupaya untuk menghilangkan penggunaan doping. Semua Federasi negara masing-masing juga sepakat akan hal ini," kata Djoko dalam konferensi pers secara virtual, Senin 13 Desember 2021.

17 Atlet Indonesia Pastikan Tiket ke Olimpiade 2024, Berikut Daftarnya

Djoko juga memastikan, tidak ada satu pun atlet, baik dari Indonesia dan juga negara lain yang mau tercoreng karena menggunakan doping. Atlet dan para pelaku olahraga pasti mengharamkannya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Zainudin Amali

Photo :
  • Kemenpora

"Penggunaan doping cuma untuk atlet yang mau potong kompas mendapatkan prestasi. Mereka tidak ksatria. Tapi, jangan malah perilaku mereka dijadikan gambaran keseluruhan," tuturnya.

Pemerintah Juga Bakal Bergerak

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali juga memastikan bakal mengawal ketat perihal ini. Mereka tidak mau angkat besi dihilangkan dari Olimpiade 2028 Los Angeles.

Alasannya, angkat besi sudah masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Mereka akan jadi andalan Indonesia di ajang internasional, termasuk target untuk menembus peringkat kelima Olimpiade dan Paralimpiade.

"Yang pasti kami akan juga memperjuangkan ini. Karena angkat besi ada di dalam Perpres 86 Tahun 2021 tentang DBON. Kami memiliki target untuk menembus lima besar Olimpiade 2044. Dan angkat besi selama ini jadi andalan mendapat medali," ujar Amali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya