Daftar 9 Atlet Indonesia Lolos Olimpiade 2024 Paris

Lifter Indonesia, Rizky Juniansyah
Sumber :
  • instagram.com/rjuniansyah_

Jakarta – Indonesia telah berhasil mengirimkan sembilan atlet ke Olimpiade 2024 Paris hingga Kamis malam WIB 4 April 2024. Berikut kami sajikan daftar sembilan atlet Indonesia yang akan tampil di ajang empat tahunan tersebut.

Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan, Sama-sama Bidik Sejarah Lolos Olimpiade

Sembilan wakil ini teranyar ditambah dengan lifter Rizky Juniansyah. Dia mendapatkan tiket ke Olimpiade Paris setelah menjadi juara Piala Dunia Angkat Besi 2024 di Phuket, Thailand, kelas 73kg.

Dalam ajang ini, Rizky Juniansyah menyabet dua medali emas dan satu perak. Dia mendapatkan medali emas berkat angkatan seberat 203kg clean and jerk dan total ankatan 365kg. Sedangkan medali perak karena angkatan snatch 164kg.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Sebelum Rizky Juniansyah mendapatkan tiket ke Olimpiade 2024, Indonesia sudah lebih dulu menempatkan delapan wakilnya. Berikut daftar sembilan atlet Indonesia lolos Olimpiade 2024:

VIVA Militer: Diananda Choirunisa Atlet Panahan yang ikut Olimpiade Tokyo 2020

Photo :
  • Penkostrad
Pertama dalam 36 Tahun Korsel Gagal Lolos Olimpiade, Rekor Dihancurkan Timnas Indonesia U-23!

1. Diananda Choirunisa (Panahan)

Diananda Choirunisa menjadi wakil Indonesia di Olimpiade Paris. Dia mendapatkan tiket tersebut berkat medali perunggu di Asian Games 2023 Hangzhou.

Diananda menyabet medali perunggu saat turun di nomor recurve mixed team bersama Riau Ega Agata Salsabila. Mereka dapat jatah karena pemanah Korea Selatan dan Jepang yang dapat emas serta perak di nomor tersebut sudah dapat tiket Olimpiade terlebih dulu.

2. Arif Dwi Pangestu (Panahan)

Atlet panahan Indonesia, Arif Dwi Pangestu mendapatkan tiket Olimpiade 2024 setelah tampil di Kejuaraan Dunia Panahan 2023 di Berlin, Jerman. Dia melangkah sampai ke babak semifinal.

Pemanah berusia 20 tahun itu akan tampil untuk kedua kalinya di Olimpiade. Karena pada edisi sebelumnya di Tokyo, dia juga turut serta.

Duo penembak Indonesia peraih emas SEA Games 2019, Vidya Rafika/Fathur Gustafian

Photo :
  • Pers SEA Games 2019

3. Fathur Gustafian (Menembak)

Fathur Gustafian akan mewakili Indonesia di cabang olahraga menembak Olimpiade 2024. Dia berhasil lolos ke ajang bergengsi tersebut karena finis di urutan empat final nomor senapan angin putra 10 meter di Asian Rifle 2024.

4. Rio Waida (Selancar)

Rio Waida menjadi peselancar Indonesia yang akan tampil di Olimpiade Paris. Dia merebut tiket tersebut setelah melewati putaran repechage kesembilan di Kualifikasi ISA World Surfing Games 2024, Puerto Rico.

Menariknya, cabang olahraga selancar ini akan jadi satu-satunya yang diperlombakan di luar Prancis. Haiti yang dekat dengan benua Amerika dipilih jadi lokasinya.

Pesenam Indonesia, Rifda Irfanaluthfi

Photo :
  • ANTARA/instagram/@rifda_irfanaluthfi

5. Rifda Irfanaluthfi (Senam Artistik)

Rifda Irfanaluthfi mendapatkan slot tampil di Olimpiade 2024 Paris karena finis pada 15 besar dalam Kejuaraan Dunia di Antwerp, Belgia pada 2023.

Rifda bisa sampai ke Olimpiade 2024 berkat realokasi tuan rumah. Karena Prancis sudah melewati kualifikasi, dan jatahnya diberikan ke atlet yang ranking-nya lebih mendekati dalam kualifikasi Olimpiade.

6. Desak Made Rita Kusuma Dewi (Panjat Tebing)

Desak Made Rita Kusuma Dewi lolos ke Olimpiade 2024 setelah merebut medali emas Piala Dunia Panjat Tebing di Bern, Swiss pada Agustus 2023.

Dia merupakan atlet panjat tebing Indonesia yang memiliki potensi bagus. Karena sejak gabung pelatnas pada 2020 sudah memiliki target lolos ke Olimpiade.

Rahmad Adi Mulyono

Photo :
  • twitter.com/ifsclimbing

7. Rahmad Adi Mulyono (Panjat Tebing)

Menjadi juara nomor speed Kejuaraan Panjat Tebing IFSC Asian Qualifier di Jakarta, tahun lalu membuat Rahmad Adi Mulyono berhak atas satu tiket di Olimpiade 2024 Paris.

Ketika itu Rahmad Adi Mulyono berhasil mengalahkan wakil Indonesia lainnya, Kiromal Katibin dalam pertandingan puncak.

8. Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)

Eko Yuli Irawan adalah atlet angkat besi Indonesia pertama yang memastikan tiket ke Olimpiade 2024 Paris. Itu didapatkan setelah tampil di Piala Dunia Angkat Besi 2024.

Eko Yuli Irawan masuk dalam ranking 10 besar Road to the Olympic kelas 61kg. Dan ini akan jadi Olimpiade kelima dalam karier atletnya.

Lifter Indonesia, Rizky Juniansyah

Photo :
  • Istimewa

9. Rizky Juniansyah

Rizky Juninansyah tampil luar biasa di Piala Dunia Angkat Besi 2024 kelas 73kg. Dia menjadi juara dengan raihan dua medali emas dan satu perak.

Dengan hasil tersebut, Rizky Juniansyag berhak atas satu slot di cabang olahraga angkat besi Olimpiade 2024 Paris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya