Keren, Indonesia Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Modern Pentathlon

KONI terima audiensi dari Pengurus Pusat Modern Pentathlon Indonesia (PP.MPI)
Sumber :
  • Press release KONI

VIVA – Indonesia resmi ditunjuk oleh Union Internationale de Pentathlon Moderne (UIPM) sebagai tuan rumah Kejuaraan Dunia Biathle/Triatle UIPM 2023. Ini jadi kali pertama kejuaraan modern pentathlon paling bergengsi digelar di Indonesia bahkan Asia.

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Sebagai informasi, Biathle mempertandingkan cabang olahraga renang dan lari sementara triatle memperlombakan renang, lari dan menembak. 

Selain Indonesia, ada negara lain yang juga ditunjuk yaitu Turki (Ankara) dimana dua negara tersebut sebelumnya mengalahkan Kazakhstan dalam biding tuan rumah Kejuaraan Dunia Biathle/Triathle (UIPM) 2023.

Eks Presiden Sriwijaya FC Tersandung Korupsi Dana Hibah, Kini Ditahan Kejati Sumsel

Di Indonesia ajang ini akan digelar di Bali pada 26 hingga 30 April 2023.

Ketum KONI, Letjen TNI Purn Marciano Norman menerima audiensi dari (PP.MPI)

Photo :
  • Press release KONI
Setahun Berlalu, Puluhan Atlet Disabilitas Batanghari Belum Terima Bonus

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyambut positif dengan rencana penyelenggaraan ajang tersebut. Menurutnya ada peluang Indonesia bisa menjadikan cabang olahraga unggulan untuk Olimpiade.

“Berharap Modern Pentathlon menjadi salah satu olahraga unggulan kita karena ini dipertandingkan di Olimpiade,” kata Ketum KONI Pusat.

“Saya menyambut baik rencana ini. Kalau Indonesia ingin menjadi tuan rumah Olimpiade, semua cabor harus siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan,” sambung Marciano.

Marciano ingin agar penyelenggaraan single event cabor di Tanah Air dapat memberikan catatan baik untuk bidding Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade nantinya. Di luar catatan tersebut, ada juga peran Sports Tourism yang mendukung program destinasi wisata pemerintah serta turut sejahterakan masyarakat sekitar.

“Memenangkan Modern Pentathlon sebagai tuan rumah menjadi jalan menuju Indonesia Tuan rumah Olimpiade. Semakin banyak cabor yang kejuaraan dunianya digelar di Indonesia, semakin besar peluang Indonesia tuan rumah Olimpiade,” kata Marciano.

Di sisi lain, Federasi Internasional Modern Pentathlon, dalam hal ini Presiden UIPM Dr. Klaus Schormann menyambut baik penunjukan tersebut. “Ini adalah moment yang sangat penting untuk olahraga modern pentathlon dan saya sangat senang menyambut tuan rumah yang luar biasa ini menumbuhkan semua olahraga multi-disiplin UIPM, membuka kesempatan untuk perkembangan komunitas baru dan menginspirasi generasi berikutnya tetap menjadi prioritas kami,” katanya.

“Saya sangat senang dan bangga melihat Asia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Biathle/Triatle untuk pertama kalinya tahun depan di Bali. Proses bidding yang kompetitif dan menginspirasi ini menekankan daya tarik yang berkelanjutan dari olahraga ini dari banyak event UIPM” tambah Klaus Schormann.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya