5 Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit, Mudah Dilakukan di Rumah

Ilustrasi perut buncit
Sumber :
  • Freepik

VIVA – Memiliki perut buncit tentu dapat mengganggu dan menghambat aktifitas kita ya. Banyak orang juga telah mengalami hal ini dan mengaku kesulitan untuk membentuk perut mereka agar tidak buncit lagi.

Equestrian All Star Tour 2024 Segera Digelar, Ajang Pengembangan Atlet Berkuda Indonesia

Selain dapat membuat rasa kepercayaan diri menurun, memiliki perut buncit juga dapat menimbulkan berbagai risiko pada kesehatan loh, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes dan hipertensi.

Saat kamu membaca artikel ini apakah kamu ada keinginan kuat untuk itu (mengecilkan perut)? Jika iya, berikut ini adalah 5 cara efektif mengecilkan perut buncit yang dapat kamu lakukan di rumah. Dikutip dari Menshealth dan beberapa sumber, Jumat 17 Juni 2022.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Cara Mengecilkan Perut Buncit

1. Plank

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

Gerakan Olahraga Plank

Photo :
  • Freepik

Olahraga ini terbilang efektif untuk kamu yang memiliki masalah perut buncit, olahraga ini melibatkan banyak otot sekaligus dapat membakar lemak di area perut. Plank juga bermanfaat untuk mengurangi sakit punggung, membuat badan terasa lebih ringan serta perut jadi lebih kencang.

2. Lompat tali

Gerakan olahraga lompat tali

Photo :
  • Freepik

Olahraga ini mudah diterapkan dan juga dapat menjadi solusi mengecilkan perut buncit, lompat tali dinilai cukup efektif untuk mengecilkan perut buncit dan menurunkan berat badan. Selain itu lompat tali juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

3. Berlari di tempat

Ilustrasi olahraga lari

Photo :
  • Dok. Istimewa

Kamu dapat melakukan gerakan berlari di tempat dengan cepat selama 20 detik. Kemudian kamu dapat melakukan lari di tempat dengan perlahan selama 10 detik.

4. Jalan kaki

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo jalan kaki di Semarang.

Photo :
  • Teguh Joko Sutrisno/ tvOne.

Mudah bukan? Olahraga ini memang sering dipandang sebelah mata karena dianggap tidak memiliki dampak untuk membakar kalori. Akan tetapi olahraga ini dapat membantu metabolisme tubuh guna mengecilkan perut buncit.

Untuk merasakan hasilnya, coba lakukan jalan kaki Selama 45 menit setiap hari mengelilingi komplek perumahan kamu atau di tempat terbuka lainnya.

5. Sit up

Gerakan olahraga sit up

Photo :
  • Freepik

Latihan ini sangat efektif untuk mengencangkan otot-otot pada perut. Kamu hanya tinggal berbaring di matras dalam posisi telentang dan menekuk lutut ke atas lalu angkat badan ke posisi lutut dan perlahan turunkan, lakukan gerakan ‘naik-turun’ sambil mengatur nafas.

Lakukan gerakan ‘naik-turun’ ini sebanyak 10 kali (satu-set) dan ulangi gerakan ini 2-3 set perhari.

Nah, itulah 5 cara mudah dan efektif yang dapat kamu lakukan untuk mengecilkan perut buncit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal barengi juga dengan konsumsi makanan-makanan yang tidak mengandung banyak lemak agar hasil lebih terlihat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya