2 Atlet Peraih Medali SEA Games 2021 Sabet Juara IIM 2022

Pelari nasional Agus Prayogo juara Indonesia International Marathon 2022
Pelari nasional Agus Prayogo juara Indonesia International Marathon 2022
Sumber :
  • KONI

VIVA Sport – Dua pelari nasional sekaligus peraih medali SEA Games 2021 Vietnam, Agus Prayogo dan Odekta Elvina Naibaho, berhasil menjadi juara Indonesia International Marathon (IIM) 2022 yang digelar di Denpasar, Bali, Minggu 26 Juni 2022.

Agus yang menyabet medali perak SEA Games 2021 berhasil menyelesaikan lari marathon putra dengan waktu 2 jam 36 menit 16 detik. Sementara, Odekta yang meraih medali emas menuntaskan lomba dengan waktu 2 jam 53 menit.

Meski jadi juara, Agus belum berhasil memecahkan rekor nasional yang dipegang atas nama Eduardus Nabunome yang mampu menyelesaikan lari marathon dengan waktu 2 jam 19 menit 18 detik di Pekan Olahraga Nasional 1993 di Jakarta.

Kendati demikian, Agus tetap puas dengan pencapaiannya. “2 jam 19 menit itu memang nggak mudah ya, apalagi saya berlari di negara tropis, saya rasa kelembaban Denpasar ini nggak jauh berbeda dari Jakarta, cukup berat,” ujar Agus dalam keterangan tertulis KONI.

Agus juga mengakui belum mempersiapkan diri secara maksimal dalam kompetisi kali ini. “Yang pasti dalam tahun ini ada beberapa event internasional, saya mempersiapkan khusus sedangkan Bali ini (IIM) saya tidak persiapan khusus untuk event ini. Kemarin terakhir di SEA Games, ini masuk masa transisi,” jelasnya.

Meski begitu, Agus yakin dengan tantangan hadiah besar, Rekornas akan terpecahkan suatu hari nanti. “Jujur ya, ini salah satu event yang berani menantang atlet untuk pecahkan Rekornas," kata Agus.

"Harapannya ke depan ini bisa menjadi event tahunan. Dengan tantangan seperti ini, saya yakin lambat laun pasti akan terpecahkan rekornya,” tutur dia.