Asia Basketball International Champions Cup Siap Digelar, Ada 12 Tim

Ilustrasi olahraga bola basket
Sumber :
  • Zimbio.com

VIVA Sport – Usai sukses menggelar Piala Gubernur antar SMA seluruh Indonesia bulan Desember 2021 dan gelaran resmi FIBA, yaitu 3X3 ABL International Champions Cup FIBA Lite Quest Qualifying into a FIBA Challenger event dengan total hadiah sebesar Rp350 juta pada bulan April 2022

Tiba di Mongolia, Pelita Jaya Geber Persiapan Sambut BCL Asia

Monster TV Sports & Entertainment siap menggelar pertandingan antar klub Asia yaitu Asia Basketball International Champions Cup yang akan digelar di bulan Oktober dan turnamen ini hanya ada 12 slot.

Rencananya ajang ini akan di ikuti oleh klub profesional dari negara seperti Australia, Indonesia, Thailand, Filipina, Brunei, Malaysia, Vietnam, Singapura dan negara lainnya termasuk klub anggota ABL selama kurang lebih 1 bulan.

Jakarta Tuan Rumah Liga Champions Asia Basket 2024

Menurut Erick Herlangga,yang juga General Manager klub Louvre Indonesia yang memastikan akan mengikuti ajang tersebut, mengatakan ada 3 pilihan kota untuk menjadi venue, yaitu Surabaya, Bandung dan Batam. Akan tetapi lapangan harus di setujui oleh pihak ABL.

"Kami sebagai klub yang bernaung di bawah ABL wajib mengikuti aturan–aturannya termasuk standarisasi lapangan yang akan di gunakan dan ada aturan menarik yang akan di terapkan yaitu selain 3 pemain asing yang di bolehkan bermain di lapangan," kata Erick.

Harapan Perbasi kepada Pelita Jaya dan Prawira Bandung yang Mentas di Liga Champions Asia Basket

"Ada juga aturan pemain Indonesia akan di anggap lokal bagi semua klub dan akan dilakukan 2 format yaitu setiap klub bisa langsung mengontrak pemain tersebut atau mengikuti gelaran draft pick sehingga pemain pemain-pemain muda bisa mengikuti acara tersebut," sambungnya.

Erick juga berharap pemain pemain muda klub klub IBL bisa mengikuti ajang ini sehingga menambah jam terbang dan yang terakhir panitia berharap ada banyak tim lokal yang juga mengikuti ajang ini. Apalagi, dengan aturan 3 pemain asing di lapangan sehingga akan bisa bersaing dengan tim internasional lainnya.

Saat ini sudah ada delapan klub yang telah konfirmasi bergabung termasuk dari Melbourne, Australia dan setelah total klub sudah mencapai 12 maka semua pemilik atau perwakilan Klub akan mengadakan konferensi pers bersama di Bali dengan acara draft pick pemain Indonesia yang akan dianggap sebagai lokal dalam acara ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya