5 Atlet yang Terkena Tumor Testis, Nomor 1 Terbaru

Striker Borussia Dortmund, Sebastien Haller
Sumber :
  • footballtransfers.com

VIVA Sport - Penyerang anyar Borussia Dortmund, Sebastien Haller dikonfirmasi telah menderita penyakit tumor testis setelah terjatuh dalam sesi latihan pada senin kemarin. tumor testis merupakan kanker di organ kelamin pria yang memproduksi hormon pria dan sperma.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

"Striker Borussia Dortmund, Sebastien Haller harus meninggalkan tempat latihan lebih awal. Selain itu, ia langsung dipulangkan kembali ke Jerman untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut." tulis pernyataan resmi klub, Rabu 20 Juli 2022.

Tumor testis terbagi menjadi beberapa jenis, pembagian ini berdasarkan sel di mana kanker testis bermula. Jenis yang sering didapatkan merupakan tumor testis sel nutfah yang merupakan jenis sel yang digunakan oleh tubuh untuk membentuk sperma. tumor testis sel nutfah dibagi menjadi dua yaitu semi normal dan non semi normal.

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Berikut beberapa Atlet yang terkena Tumor Testis, seperti dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Sebastien Haller - Pesepakbola

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Penyerang Borussia Dortmund, Sebastien Haller

Photo :
  • twitter.com/BVB

Sebastian Haller merupakan pemain baru Borussia Dortmund yang didatangkan dari Ajax Amsterdam dengan harga 31 juta poundsterling atau setara dengan Rp557 miliar.

Sebastien Haller menderita tumor testis ketika sedang menjalani latihan kemudian ia terjatuh. Setelah itu ia mengeluhkan sakit. Kemudian tim medis langsung memeriksa kondisi sang pemain, hingga dinyatakan ia mengalami penyakit tumor testis.

2. Shannon Miller - Senam Artistik

Shannon Lee Miller merupakan mantan pesenam artistik Amerika. Dia adalah juara all-around dunia 1993 dan 1994, juara balok keseimbangan Olimpiade 1996, juara all-around Pan American Games 1995, dan anggota tim Magnificent Seven yang memenangkan medali emas di Olimpiade 1996.

Perempuan berusia 45 tahun tersebut harus berhenti menjadi atlet senam artistik setelah dinyatakan menderita tumor testis. Setelah melawan tumor testis dan melakukan serangkaian operasi, sekarang ia sudah dinyatakan sembuh dari tumor testis.

3. Eric Shanteau - Perenang

Eric Lee Shanteau merupakan mantan perenang kompetisi Amerika yang memenangkan dua medali emas sebagai anggota tim estafet Amerika Serikat yang menang di Kejuaraan Dunia.

Ia menderita tumor testis ketika akan menjalani uji coba di Olimpiade 2008 di Beijing. Perenang asal Amerika Serikat tersebut pada waktu itu masih berusia 24 tahun dan harus didiagnosis penyakit tumor testis. Tim medis pun menyarankan untuk berhenti terlebih dahulu dan menjalani operasi.

Setelah berhenti menjadi perenang, ia sekarang aktif mengkampanyekan seputar kanker bersama The American Cancer Society Cancer Action Network (ACS CAN).

4. Scott Hamilton - Skating Indah

Scott Scovell Hamilton adalah pensiunan skater Amerika dan peraih medali emas Olimpiade. Dia memenangkan empat kejuaraan A.S. berturut-turut, empat Kejuaraan Dunia berturut-turut, dan medali emas di Olimpiade 1984.

Ia mulai menderita tumor testis pada 1997, sejak saat itu ai sering mengkampanyekan didepan umum untuk memberikan informasi tentang bahaya penyakit yang dideritanya.

Setelah menjalani serangkaian operasi, Scott Hamilton kembali lagi menjalani hobinya sebagai skating indah. Selain itu juga, ia membanun yayasan yang bernama  Scott Hamilton CARES yang merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk para peneliti kanker.

5. Martina Navratilova - Petenis

Tennis Clinic Martina Navratilova

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

Martina Navratilova adalah mantan petenis puri profesional no.1 dalam dunia tenis putri yang berasal dari Cekoslowakia. Pada tahun 2005, majalah Tennis memilihnya sebagai pemain tenis wanita terbesar untuk tahun 1975 hingga 2005 dan dia dianggap sebagai salah satu pemain tenis wanita terbaik sepanjang masa.

Petenis asal Ceko tersebut menderita tumor testis pada 2010 setelah melakukan serangkaian pemeriksaan. Setelah dinyatakan menderita tumor testis, ia langsung melakukan operasi dan terapi sebagai salah satu bentuk pengobatan untuk terbebas dari tumor testis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya