Novak Djokovic di Ambang Gelar ke-90

Petenis asal Serbia, Novak Djokovic.
Sumber :
  • AP Photo/Stas Filippov

VIVA Sport – Novak Djokovic mencapai final turnamen ATP di Astana Open pada Sabtu 8 Oktober 2022 waktu setempat setelah lawannya Daniil Medvedev secara mengejutkan mundur pada akhir set kedua.

Comeback Lawan Daniil Medvedev, Jannik Sinner Juara Australian Open 2024

Dalam kedudukan 4-6, 7-6 (8/6), Medvedev memutuskan menyerah sebelum set penentuan, bahkan Djokovic awalnya sempat terkejut.

"Ini kedua kalinya dalam hidup saya, saya mundur seperti ini karena otot yang tertarik," kata Medvedev seperti dikutip AFP. "Pada poin kedua tie-break, saya merasa agak aneh pada aduktor saya.

Akhiri Dominasi Novak Djokovic, Jannik Sinner Tembus Final Australian Open 2024

"Saya awalnya beranggapan mungkin ini kram dan setelah itu saya merasa, 'Tidak, mungkin bukan kram'."

Djokovic akan menghadapi Stefanos Tsitsipas dalam final Minggu saat dia mengincar gelar ATP yang ke-90. Juara Grand Slam 21 kali itu sudah memenangkan tujuh dari sembilan pertemuannya dengan petenis Yunani itu, termasuk dalam final French Open tahun lalu.

Bukan Ronaldo atau Messi, Ini Atlet Paling Dicari di Google Sepanjang 2023

Medvedev menjadi pemain pertama yang mengalahkan Djokovic dalam nomor tunggal sejak Nick Kyrgios pada final Wimbledon. Djokovic menyamakan kedudukan dalam pertandingan yang dramatis itu di mana kedua pemain berada dalam permainan terbaiknya saat tie-break yang menegangkan.

Tetapi Medvedev memberi isyarat tidak bisa melanjutkan bermain sehingga mengirim Djokovic ke final ATP yang ke 128 baginya.

"Pertandingan yang sangat ketat, terutama dalam set kedua," tambah Djokovic tentang pertarungan antara dua mantan petenis nomor satu dunia itu.

Tsitsipas Taklukan Andery Rublev

Sebelumnya, unggulan ketiga Tsitsipas mengalahkan Andrey Rublev 4-6, 6-4, 6-3 untuk mencapai final keenamnya musim ini.

Petenis asal Yunani, Stefanos Tsitsipas

Photo :
  • twitter.com/atptour/

"Saya senang kepada saya sendiri karena begitu ngotot agar segalanya berjalan dengan sangat baik," kata Tsitsipas.

Sebuah break pada game pembuka pertandingan membuat Rublev yang unggulan kelima merebut set pertama.

Tapi Tsitsipas, yang menyelamatkan lima dari enam break point dalam pertandingan itu, merampas set kedua untuk memaksakan set penentuan dimainkan.

Petenis berusia 24 tahun itu kembali solid pada set ketiga dengan menutup kemenangan setelah bertarung selama dua jam 10 menit untuk membuat rekor head-to-head dia melawan Rublev menjadi 6-4.

"Mentalitas saya agak berubah," tambah Tsitsipas. "Saya bermain dengan gaya permainan yang lebih agresif dan tidak beruntung." (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya