Menang US Open, Djokovic Gondol Gelar Grand Slam ke-24

Novak Djokovic
Sumber :
  • Sky Sports

NEW YORK – Novak Djokovic berhasil menambah koleksi gelar Grand Slam. Dia kini mengumpulkan 24 titel tersebut usai meraih kemenangan di ajang US Open, Senin 11 September 2023.

Eks Petenis Nomor 1 Dunia Akhiri Paceklik Gelar 4 Tahun

Tampil di laga final, Djokovic mengalahkan Daniil Medvedev dengan straight sets 6-3, 7-6 (7/5), 6-3 untuk memenangkan gelar US Open keempatnya tersebut. Dengan 24 Grand Slam yang diraih Djokovic kini menyamai rekor dari Margaret Court.

"Saya tidak tahu harus mulai dari mana. Ini jelas sangat berarti bagi saya. Sulit untuk dijelaskan. Saya benar-benar mewujudkan impian masa kecil saya untuk berkompetisi di level tertinggi dalam olahraga ini," kata Djokovic, dikutip dari AFP.

Australian Open: Jannik Sinner Achieves First Grand Slam Title

"Saya tidak pernah membayangkan akan berada di sini dan bicara soal mendapatkan 24 (gelar) Grand Slam," ujarnya menambahkan.

Petenis asal Serbia ini adalah orang pertama yang memenangkan tiga turnamen Grand Slam dalam satu musim sebanyak empat kali.

Juara Australian Open, Jannik Sinner Kini Bidik Nomor 1 Dunia

Kemenangan tersebut menambah kemenangannya di Australian Open dan French Open awal tahun ini, dengan satu-satunya cela adalah kekalahan dari Carlos Alcaraz di final Wimbledon pada bulan Juli.

Novak Djokovic

Photo :
  • AP Photo/Aaron Doster

Di sisi lain, Medvedev mengakui Djokovic masih berada di puncak permainannya. Ia pun gagal mengulangi kemenangannya atas petenis berusia 36 tahun itu selayaknya di final US Open 2021.

Medvedev mengalahkan Djokovic dua set langsung di final 2021 untuk mencegahnya menjadi orang pertama yang memenangkan keempat Grand Slam di tahun yang sama sejak Rod Laver pada 1969.

Pertandingan berlangsung cukup sengit, namun, Djokovic tampil lebih tenang dan mampu meminimalisir kesalahan sendiri. Sementara, sang petenis Rusia juga berusaha untuk mencari celah dan mematahkan dominasi dari lawannya.

Kedua pemain saling bertukar permainan tanpa mengalami masalah sampai Djokovic kembali memberikan tekanan pada sang unggulan ketiga.

Medvedev berusaha keras untuk dua kali mencegah set point, namun Djokovic dengan tenang menjadikan set tersebut sebagai miliknya hingga akhirnya ia meraih kemenangan.

"Saya tidak tahu kapan Anda (Djokovic) akan berencana untuk melambat sedikit," ujar Medvedev sembari bercanda.

"Maksud saya, 24 gelar! Saya merasa karier saya tidak buruk dan saya punya 20 gelar, tapi Djokovic punya 24 Grand Slam. Wow!" kata dia menambahkan.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya