Bendera Indonesia Terbalik di Pembukaan SEA Games, Netizen: Sengaja Caper

Bendera Indonesia terbalik di pembukaan SEA Games 2023
Sumber :
  • ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira

VIVA Sport – Hal tidak mengenakkan terjadi bagi Indonesia di acara pembukaan SEA Games 2023. Kamboja sebagai tuan rumah memasang bendera Merah Putih secara terbalik.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

Itu berlangsung dalam pre show opening ceremony di  Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh, Jumat 6 Mei 2023.

Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Harry Warganegara mengatakan tuan rumah telah menyampaikan permintaan maaf kepada Indonesia atas kejadian bendera Merah Putih yang terbalik.

Ini Sosok Wasit yang Pimpin Duel Timnas Indonesia U-23 Vs Australia, Kontroversial Lagi?

Mereka juga bertindak cepat dan memastikan kejadian serupa tidak terulang pada upacara pembukaan SEA Games 2023.

Dulu Bawa Indonesia Sabet Emas SEA Games, Pramudya Kusumawardana Kini Bela Australia

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami, dan bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang di opening ceremony,” ujar Harry.

NOC Indonesia mengirimkan keberatan secara resmi melalui surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani Harry Warganegara kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun.

Meski begitu, tetap saja banyak warganet yang tidak terima dengan kesalahan yang dilakukan oleh Kamboja. Banyak yang mengecam habis-habisan, sampai menuding tuan rumah sengaja melakukan blunder tersebut.

"Bendera segede gaban apa ga keliatan itu kebalik? Atau emang gatau bendera Indonesia bagaimana? ???? gapernah baca2 Atlas kali ya orang2 Kamboja," tulis salah satu warganet di twitter.

"Makanya mereka caper pake ngebalik bendera Indonesia, dia tau netizen indo paling ga bisa dipancing dikit nanti jadi viral dan insight seagames jadi naik," timpal warganet lainnya.

 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya