Banjir Bonus dari Negara, Atlet SEA Games 2023 Dapat Edukasi Finansial

Menpora Dito dan Bibit ID
Sumber :
  • istimewa

VIVA Sport – Para atlet peraih medali SEA Games 2023 mendapatkan bonus dari Presiden Joko Widodo pada 5 Juni 2023 lalu.

Kunjungan Terakhir PM Lee, Jokowi Sambut Baik Kerja Sama Pertahanan dengan Singapura

Dalam acara yang dihelat di Istana Negara, Jakarta, Presiden menyampaikan pesan yang sangat penting, yakni agar bonus itu dapat dimanfaatkan atlet sebaik mungkin.

“Saya titip pesan bonus ini dimanfaatkan untuk investasi jangka panjang, jangan dibelikan untuk barang-barang mewah yang tidak bermanfaat," kata Jokowi saat itu.

3 Kali Bos Microsoft Satya Nadella ke Indonesia, Semuanya Ketemu Jokowi

Nah, apa yang disampaikan Jokowi memang cukup mewakili wajah sektor olahraga nasional, di mana walaupun ada sebagian atlet yang sukses berbisnis setelah pensiun, banyak atlet yang mengalami kesulitan secara finansial, sampai harus menjual medali mereka, tatkala mereka tidak lagi menjadi atlet.

Sebagai tindak lanjut atas arahan Presiden, Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) menunjuk aplikasi investasi digital terdepan di Indonesia, Bibit.id, untuk memberikan edukasi seputar keuangan dan investasi kepada para atlet dan ofisial tim peraih medali SEA Games 2023.

Jokowi Didampingi Prabowo Terima Kunjungan PM Singapura di Istana Bogor


Atas dukungan Kemenpora , Bibit menyelenggarakan acara bertajuk “Dalam Atlet yang Hebat terdapat Finansial yang Sehat” secara hybrid pada hari Senin, 19 Juni 2023, bertempat di Wisma Menpora, Senayan, Jakarta.

Dalam sambutannya, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dito Ariotedjo, menyampaikan apresiasi kepada Bibit yang selama ini getol mengedukasi masyarakat agar bisa berinvestasi dengan benar demi membangun masa depan keuangan yang lebih baik. 

“Sebagian besar atlet penerima bonus berusia di bawah 25 tahun. Untuk itu, kami merasa penting menggandeng Bibit untuk memberikan edukasi dan literasi keuangan agar adik-adik dan seluruh atlet dan ofisial tim dapat memanfaatkan momentum ini untuk berinvestasi dengan benar,” kata Dito.

Senada dengan Dito, Head of Investment Research Bibit, Vivi Handoyo Lie, yang hadir sebagai Pembicara dalam sesi ini menekankan pentingnya investasi yang benar dalam membangun masa depan keuangan para atlet. 

“Di Bibit, kami gencar melakukan edukasi finansial dengan tujuan agar masyarakat memahami dan dapat mulai mendiversifikasikan investasi mereka ke dalam berbagai kelas aset seperti reksa dana, surat berharga negara yang dapat dibeli di pasar primer dan sekunder seperti Obligasi Negara Ritel (ORI), Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), Sukuk Ritel (SR), Fixed Rate (FR), Project Based Sukuk serta saham,” ujar Vivi.

Dalam acara yang dimoderatori oleh Felicia Putri Tjiasaka ini, hadir pula Deni Ridwan selaku Direktur Surat Utang Negara, DJPPR Kementerian Keuangan RI dan Prita Ghozie selaku penasehat keuangan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya