Andalkan Sektor Putra, Tenis Meja Sumut Bidik 3 Emas PON 2024

PTMSI Sumut saat memberikan keterangan pers persiapan hadapi PON 2024
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

MEDAN – Sektor putra menjadi andalan tenis meja Sumatera Utara (Sumut) untuk meraih target tiga medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 mendatang. Dalam PON 2024, tenis meja memperebutkan tujuh medali emas.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Sekretaris Umum (Sekum) Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Tenis Meja Seluruh Indonesia (PTMSI) Sumut, Ishak Juharsa Harahap mengatakan, target tiga emas itu dibidik dari beregu putra, tunggal putra dan ganda putra.

"PON 2024 akan memperebutkan 7 medali emas, kita menargetkan 3 medali emas," ucap Ishak Juharsa Harahap didampingi pelatih M Andika di Posko Publikasi PON XXI/2024 Wilayah Sumut di Kantor Dispora Sumut, Medan, dikutip VIVA, Sabtu 29 Juli 2023.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Saat ini, PTSMI Sumut tengah melakukan Pelatda terhadap 6 atlet. Yakni, Agung Febri, M Bima Abdi Negara, Michael Lim, Riza Fairuz Manurung, Stefani, Carla M. Himawan.

Katanya, PTMSI Sumut fokus sektor putra karena atlet putra mencatat prestasi bagus, atas nama Nail Nilman menempati peringkat pertama seleksi Pelatnas SEA Games Kamboja, M Bima Abdinegara peringkat 3 seleksi Pelatnas SEA Games. Namun, Nilman tidak bisa bertanding di PON XXI karena sebelumnya menolak ikut Pelatnas SEA Games.

Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya

Launching Maskot, Lagu PON, dan Tagline di PON Aceh-Sumut 2024

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution

"Bima Abdi Negara juga menunjukkan prestasi menjuarai kejuaraan Open nasional dan internasional Kepala BNN di Bali 2023," kata Ishak Juharsa.

Salah seorang atlet tenis meja Sumut, Michael Lim yang sebelumnya berkuliah di Taiwan sejak bulan Juli 2023 lalu berlatih di Guangzhou, China. 

"Michael Lim pernah menjuarai kejuaraan antar mahasiswa di Taiwan, ia berlatih di China dengan biaya pribadi dan bantuan Pengprov PTMSI Sumut," ujar Ishak Juharsa.

Satu atlet Sumut Agung Febri disebutkan akan berlatih ke DKI Jakarta agar bisa mendapatkan jam bertanding yang tinggi. 

"Agung akan berlatih ke Jakarta, karena banyak kejuaraan yang bisa diikuti di sana," tambah Ishak.

Sebanyak 11 atlet tenis meja Sumut kini menjalani yang dipusatkan di GOR Padi Jalan Beringin, Tembung.

Dijelaskan, PTMSI Sumut saat ini memiliki 5 pelatih nasional, dan 2 pelatih bersertifikat nasional mendapatkan kepercayaan menangani Pelatda adalah M Andika dan Pangeran.

Ishak Juharsa cukup bersemangat meraih target 3 emas karena pertandingan di PON 2024 menerapkan ketentuan hanya 1 pemain di atas usia 25 tahun dari tiap provinsi yang boleh bertanding. Hal ini dinilai akan menguntungkan Sumut.

PTMSI Sumut dalam waktu dekat akan mengirim wasit dan juri mengikuti penataran nasional, sehingga diharapkan pada PON XXI /2024 separuh wasit bertugas dari Sumut. PTMSI Sumut juga merencanakan tryout ke negara Asia Negara dan akan mendatangkan pelatih asing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya