Tingkatkan Prestasi Anggar, PB IKASI Studi Banding ke Pelatnas Korea Selatan

Ketum PB IKASI Agus Suparmanto dan Ketum KONI ke Pelatnas Korsel
Sumber :
  • PB IKASI

Jakarta – Korea Selatan memiliki keunggulan dalam cabang olahraga (cabor) anggar. Tercatat pada Olimpiade Tokyo 2020 yang lalu, Korea Selatan meraih 1 emas, 1 perak dan 3 perunggu. 

PB IKASI Kirim Arval Raziel dan Ricky Dhisulimah Ikut Kualifikasi Olimpiade

Negeri ginseng menempati peringkat ketiga klasemen akhir Olimpiade Tokyo di bawah ROC dan Prancis. Korea Selatan adalah satu-satunya negara Asia yang menembus lima besar.

Oleh karena itu, pada tanggal 17 Juli 2023 lalu,  Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Agus Suparmanto bersama Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman meninjau Pelatnas anggar Korea Selatan di Sport Science Hall yang berada di dalam kompleks Korea National Sport University (KNSU).

FOBI Gelar Kejuaraan Dunia Bertajuk Piala Presiden, 10 Negara Tampil

Agus menerangkan akan menjalin kerja sama dengan pihak Korea National Sport University dengan tujuan untuk memajukan atlet anggar kita di Indonesia. 

“Semoga ini menjadi titik awal baru untuk kemajuan Anggar Indonesia, kami akan segera melakukan seleksi terhadap belasan atlet Indonesia yang akan dikirim berlatih di Korea Selatan.

Eks Presiden Sriwijaya FC Tersandung Korupsi Dana Hibah, Kini Ditahan Kejati Sumsel

KNSU menyambut baik itikad baik PB.IKASI dan KONI Pusat menjalin kerja sama untuk tingkatkan kualitas atlet. 

“Kami di sini siap memberikan dukungan terhadap atlet anggar Indonesia untuk memberikan pelatihan dan mendampingi secara intensif, serta memanfaatkan fasilitas latihan lainnya yang tersedia,” jelas Prof. Sang-Ki Lee. 

Sementara itu, Ketum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman menyebut Anggar perlu mendapatkan atensi karena salah satu cabor yang dipertandingkan pada Olimpiade. Butuh jenjang panjang untuk mengantar atlet meraih prestasi dunia.

“Kita harus bisa mempersiapkan atlet-atlet kita sedini mungkin agar anggar berprestasi di event-event internasional, baik itu mulai tahapan SEA Games, Asian Games dan suatu saat nanti Olimpiade. Direncanakan sejak awal, dibina sejak awal dan melakukan talent scouting yang benar,” sambung Ketum KONI Pusat masa bakti 2023-2027.

“Saya optimis dengan perencanaan yang baik, jangka panjang, dan rekrutmen aktif yang tepat, kita bisa berprestasi. Dan saya berikan tantangan ini kepada Ketum PB.IKASI untuk menunjukan kepada Indonesia bahwa Atlet Anggar Indonesia juga akan memberikan kontribusi medali,” lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya