Sumut Genjot Persiapan PON 2024, Habiskan Dana Rp4,1 Triliun

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi dan Menpora Dito Ariotedjo
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

MEDAN – Persiapan Sumatera Utara menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024, sudah mencapai 36 persen secara fisik. Sedangkan, nonfisik persiapan sudah di angka 58 persen.

Berpeluang Didukung Gerindra di Pilgub Sumut 2024, Bobby Nasution Bilang Begini

Hal itu, diungkapkan oleh Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi saat Rapat Kordinasi (Rakor) Persiapan PON 2024 Wilayah Sumut, berlangsung di Aula Tengku Rizal Nurdin, di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Medan.

Melalui rapat koordinasi ini, mantan Ketua Umum PSSI, berharap pemerintah pusat bisa membantu anggaran persiapan PON melalui APBN.

Pj Gubernur Minta Polisi Usut Video Mirip Sekda Tapanuli Utara Diduga Mesum

"Ada kalau kita secara fisik ini memang baru 33 sampai 36 persen. Kalau non fisik sudah 58 persen kurang lebih. Ada yang plus dan minus," ucap Gubernur Edy.

Dalam rakor tersebut, juga dihadiri perwakilan dari kementerian PUPR dan Menko PMK. Dalam pemaparan total biaya penyelenggaraan PON tahun 2024 ditaksir mencapai Rp 4,1 triliun. 

Kloter Pertama, 360 Jemaah Haji Asal Kabupaten Asahan Berangkat ke Tanah Suci

Menpora Dito Ariotedjo dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Sementara untuk anggaran yang ditampung dari dana APBD provinsi Sumut sejak tahun 2019 hingga 2024 bekisar Rp 1,2 triliun lebih dan dana sponsorship Rp 266 miliar. Sehingga, Pemerintah provinsi Sumut masih membutuhkan anggaran sekitar Rp 2,6 triliun lebih, yang diharapkan bisa didorong melalui Pemerintah Pusat menggunakan APBN.

Disinggung soal stadion utama, Gubernur Edy mengatakan pembangunan akan dilakukan bulan depan. Sedangkan venue lainnya sedang dalam proses pembangunan. 

"Kalau martial art dan atletik di Desa Sena, sudah mulai pengerjaannya, kalau stadion menurut keterangan Bu Esi dari PUPR akhir Agustus akan selesai tender, berarti bulan 9 bisa mulai bekerja," jelas mantan Pangkostrad itu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengungkapkan bahwa persiapan PON di Sumut lebih matang dan lebih siap dengan perencanaan dilakukan dengan. Termasuk, persiapan anggaran sudah detail dan rinci.

Dito menjelaskan mengatakan dari persiapan fasilitas hingga pembinaan atlet. Sumut terlihat lebih matang dan siap menyelenggarakan even olahraga tingkat nasional itu.

"Saya harus apresiasi, saya lihat persiapannya, perencanaannya matang, sangat baik, siap, perkembangan pembangunannya setelah saya lihat sangat banyak," ucap Dito Ariotedjo

Sementara itu, Ketua KONI Pusat Marciano Norman mengklaim jika sejauh ini persiapan yang dilakukan tuan rumah Sumut jauh lebih baik dari progres sebelumnya. 

Dimana, pembangunan gedung voli indoor dan martial art di Desa Sena Kabupaten Deli Serdang sudah mulai proses. kemudian untuk pembangunan stadion utama akan mulai berjalan pada akhir Agustus ini.

"Hari ini kita tinjau venue. Saya kira Sumut sudah bergerak. Untuk Desa Sena pembangunan venue, saya kira sudah berjalan. Martial Art juga sudah mulai dibangun, dan sebentar lagi PUPR bangun stadion," jelas Marciano. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya