141 Atlet Asal Sumut Siap Ukir Prestasi di POPNAS XVI Kota Palembang

Kontingen Sumut yang akan berlaga POPNAS XVI di Kota Palembang
Sumber :
  • VIVA/Putra Nasution

Sumut – Sebanyak 141 atlet asal kontingen Sumatera Utara mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan. Dengan target memetik prestasi terbaik pada ajang POPNAS itu.

Kontingen Sumut yang diberangkatkan sebanyak 141 orang, di antaranya 90 atlet pelajar, 25 pelatih, 12 ofisial, 7 pendamping kontingen dan 5 tenaga kesehatan. Mereka akan berlaga di 12 Cabang Olahraga yakni Angkat Besi, Atletik, Judo, Karate, Panahan, Pencak Silat, Panjat Tebing, Senam, Tinju, Tenis Lapangan, Wushu dan Taekowondo mulai 26 Agustus hingga 4 September 2023 mendatang.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Keolahragaan Sumut Baharuddin Siagian  berharap para atlet yang diberangkatkan mengikuti POPNAS di Palembang memberikan hasil yang terbaik untuk Sumut. 

Mengajak Masyarakat Berolahraga dan Adopsi Gaya Hidup Sehat di Gowes 90 Tahun 90 KM

Kontingen Sumut yang akan berlaga POPNAS XVI di Kota Palembang

Photo :
  • VIVA/Putra Nasution


"Harapan kita di POPNAS ini atlet Sumut bisa memberikan prestasi yang terbaik, kami meyakini anak-anak kita yang akan bertanding telah melakukan berbagai macam latihan, baik fisik, teknik permainan, mental termasuk kualitas pelatih. Jadi prestasi ini modal kita persiapan menuju PON XXI Aceh- Sumut," ucap Bahar, Sabtu 26 Agustus 2023.

Bahar juga mengatakan, POPNAS ini merupakan tolak ukur perkembangan dan pembinaan cabor pelajar di Sumut dimana komitmen Pemprov Sumut untuk mencetak bibit-bibit juara sangat panjang, mulai dari pembudayaan olahraga, pembinaan sejak dini dan penerapan sport science (cabang keilmuan untuk mengoptimalkan hasil olahraga).

"Mereka menargetkan di POPNAS ini menyumbang 18 emas dari cabor yang diikuti, target ini lebih tinggi dari tahun 2019 yang menyumbangkan 7 emas dan 4 perak, insya Allah, target ini bisa kita raih," katanya, sembari berharap atlet yang diberangkatkan bisa menunjukkan hasil yang maksimal.  

Pada kesempatan tersebut, Baharuddin didampingi Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Medan Kota Suci Rahmad menyerahkan kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada dua perwakilan atlet, untuk putri diterima oleh Cyndi Patricia Figo (atlet taekwondo) dan putra diterima Muhammad Bening Firmansyah (atlet panahan).

Ketua Kontingen Sumut Muhammad Maimun Masri mengatakan, keberangkatan kontingen Sumut mengikuti POPNAS XVI sebagai upaya Pemprov Sumut memberdayakan olahraga di kalangan pelajar untuk mencari bibit atlet Sumut yang bisa berkiprah di event-event nasional dan internasional.

"Setelah mereka berlatih kita ikutkan mereka untuk bertanding, kita tingkatkan kemampuan mereka, rasa percaya diri olahragawan sebagai pelajar, kedepan kita harapkan mereka menjadi atlet -atlet terbaik Sumut," harapnya.

Equestrian All Star Tour 2024 Segera Digelar, Ajang Pengembangan Atlet Berkuda Indonesia

POPNAS ini diikuti para atlet pelajar utusan Kabupaten/Kota se-Sumut di antaranya Kota Medan, Kota Binjai, Kota Tebingtinggi, Kota Pematangsiantar, Kabupaten Deliserdang, Kabuapten Langkat, Kabupaten Serdangbedagai, Kabupaten Asahan, Kabupaten Karo, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Padang Lawas, Kabupaten Labuhanbatu. 

Turur hadir Wakil Ketua II KONI Sumut Sakiruddin, Wakil Ketua III KONI Sumut Kisharianto Pasaribu, Ketua Pengrov Kabupaten/Kota se-Sumut, para atlet, pelatih dan ofisial.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami
Stadion Abdullah bin Khalifa

11 Fakta Stadion Abdullah bin Khalifa, Tempat Semifinal Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Uzbekistan

Pertandingan seru antara Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Uzbekistan U-23 akan digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar pada Senin, 29 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024