Kejutan, Jerman Benamkan AS dan Tantang Serbia di Final Piala Dunia Basket 2023

Jerman vs Amerika Serikat di semifinal Piala Dunia Basket 2023
Sumber :
  • ANTARA/HO-FIBA

Manila – Kejutan diciptakan Jerman di semifinal Piala Dunia Basket 2023. Mereka melaju ke final usai menaklukkan tim favorit juara Amerika Serikat dengan skor ketat 113-111 di Mall of Asia Arena Manila Filipina, Jumat, 8 September 2023.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah

Jerman keluar sebagai finalis Piala Dunia FIBA 2023 setelah berhasil menjaga keunggulan di babak kedua melawan tim yang difavoritkan menjadi juara, yakni Amerika Serikat, dengan terlebih dulu bertanding susah payah di paruh pertama.

Jerman telah mencatat tujuh kemenangan dan tak pernah terkalahkan sepanjang perhelatan Piala Dunia FIBA 2023, bahkan oleh tim asal negara NBA.

Berapa Usia Seseorang Dianggap Tua?

Kemenangan ini tidak didapat dengan mudah, melainkan dengan sangat ketat. Pada paruh pertama laga, kedua tim saling mengejar poin dengan selisih tak lebih dari 10 angka. Bahkan terjadi sembilan kali perpindahan keunggulan di babak pertama.

Berdasarkan statistik pertandingan yang dikutip dari laman resmi FIBA, catatan performa kedua tim amat identik di atas kertas.

AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Akan tetapi Jerman berhasil memegang kendali di babak kedua, dan tak pernah membiarkan AS menyusul hingga akhir laga.

Kedua tim sama-sama mencatatkan akurasi tembakan 58 persen. AS menangkap bola pantul sebanyak 28 rebound, sementara Jerman unggul tipis 30 rebound. Begitu pula dengan catatan statistik lainnya seperti assist, steal, blok, dan lainnya yang hanya berbeda tipis.

Ketiga pemain Jerman mencatatkan skor di atas 20 poin, yakni Andreas Obst 24 poin, Franz Wagner 22 poin, dan Daniel Theis 21 poin.

Ditambah pula dengan 17 poin dari Dennis Schroder, dan Johannes Thieman beserta Moritz Wagner yang sama-sama mencatat 10 poin.

Dari AS, Anthony Edwards mencetak 23 poin, Austin Reaves 21 poin, Mikal Bridges 17 poin, dan Jalen Brunson 15 poin.

Selanjutnya, Jerman akan berhadapan dengan Serbia di partai final Piala Dunia FIBA 2023 pada Minggu 10 September 2023. Sementara AS akan menghadapi Kanada untuk memperebutkan medali perunggu di hari yang sama.

Jerman belum pernah sekalipun juara Piala Dunia Basket. Sedangkan Serbia pernah menjadi juara sebanyak lima kali saat mengusung nama Yugoslavia. Sedangkan dengan nama Serbia, mereka juga belum pernah juara. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya