Atlet Indonesia Lampaui Target di WAG 2023 Thailand

Kontingen Indonesia di World Abilitysport Games 2023
Sumber :
  • ANTARA/Zaro Ezza Syachniar

Jakarta – Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia World Abilitysport Games (WAG) 2023, Ardima Rama Putra, mengaku sangat puas atas prestasi para atlet Kontingen Merah Putih yang melampaui target di event olahraga yang berlangsung di Nakhon Ratchasima, Thailand.

Kontingen Indonesia yang ditargetkan meraih 3 emas dan 8 perunggu, justru pulang dengan membawa lebih banyak medali yaitu total 66 medali yang terdiri dari 39 emas, 19 perak, dan 6 perunggu. Torehan itu membuat Merah Putih mengakhiri WAG 2023 di posisi runner-up, di bawah juara umum tuan rumah Thailand dengan koleksi 129 emas, 112 perak, dan 116 perunggu.

"Hasil ini sangat membanggakan untuk Indonesia karena tidak hanya level Asia, tahun ini kita sudah lewati dua ajang para, yaitu Asean Para Games di Kamboja dan di Asian Games di China yang mana dua-duanya sudah melampaui target dan sudah membanggakan Indonesia," kata Ardima dalam pidatonya seusai tiba di Indonesia, tepatnya di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Sabtu malam.

"Bahkan saat ini kita meraih lagi peeingkat dua di World Abilitysport Games di Thailand, itu satu tingkat lebih tinggi," tamba Staf Khusus Menteri Pemuda dan Olahraga Bidang Peningkatan Prestasi dan Pengembangan Industri Olahraga itu.

Profil Dio Novandra, Pacar Megawati Hangestri yang Dikenalkan ke Para Pemain Red Spark

Kontingen Indonesia di World Abilitysport Games 2023

Photo :
  • ANTARA/Zaro Ezza Syachniar

Kesuksesan di WAG 2023 menambah catatan apik para atlet Indonesia di kancah internasional setelah sebelumnya menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 Kamboja dan juga menempati peringkat keenam di Asian Games 2023 China.

Pekerja Kantoran Sering Mengeluh Sakit Leher dan Pinggang? Begini Mengatasinya

"Berharap target terus ditingkatkan, fokus atlet jangan sampai terpecah, apalagi dukungan pemerintah juga terus bergulir bahkan tidak hanya untuk atletnya tapi untuk organisasi NPC dan tenaga olahraganya," kata Ardima.

Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 itu lalu memaparkan kunci Indonesia dapat memborong medali di gelaran edisi pertama yang diprakarsai oleh International Wheelchair and Amputee Sports Federation (IWAS) itu.

Menurutnya, kunci kesuksesan para atletik adalah karena National Paralympic Committee of Indonesia atau Komite Paralimpiade Indonesia (NPC Indonesia) mempunyai program latihan yang bagus untuk menjaga para atletnya menampilkan performa terbaik pada setiap kejuaraan.

Ia meyakini, lambat laun, prestasi para atlet Indonesia juga akan terus meningkat seiring dibangunnya pusat pelatihan atau training center untuk atlet disabilitas nasional di Karanganyar, Jawa Tengah yang telah direncanakan pertengahan tahun lalu.

"Yang pasti NPC kita ketahui punya program latihan yang baik dan menjaga atlet-atletnya tetap dalam kondisi fisik yang bisa bertanding dalam performa terbaik. Saya rasa di sana sport science juga dilakukan, fokus dengan program yang baik, apalagi setelah ini ada peresmian pusat pelatihan atlet disabilitas di Karanganyar. Saya yakin pasti prestasi atlet para akan menanjak lagi," jelas Ardima.

Lebih lanjut, usai menjadi runner-up WAG 2023, Ardima mengatakan kini pihaknya akan terus menggenjot persiapan para atlet Merah Putih jelang gelaran akbar Paralimpiade Paris 2024, Agustus mendatang.

Viral Megawati Kenalin Pacarnya ke Pemain Red Sparks, Ternyata Peraih Medali SEA Games

"Kita harus berada dalam fokus yang baik karena ada sekitar 8 bulan lagi sebelum ke Paris, itu pemerintah akan terus koordinasi dengan NPC gimana caranya supaya atlet-atlet yang berpotensi ini dijaga supaya kesehatan fisiknya dan mentalnya untuk menghadapi Paris 2024," ucap Ardima. (ant)

Ilustrasi menstruasi/nyeri haid.

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Nyeri haid atau dismenore, adalah rasa sakit atau kram di perut bagian bawah yang dialami wanita selama menstruasi. Nyeri haid dapat bervariasi dari ringan hingga berat.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024