1388 Atlet Ikuti IOAC 2023, Konsistensi PB Akuatik Indonesia Tuai Pujian Kemenpora

5th Indonesia Open Aquatic Championship 2023
Sumber :
  • VIVA/Robbi Yanto

VIVA – PB Akuatik Indonesia menggelar 5th Indonesia Open Aquatic Championship 2023 (IOAC ) yang berlangsung pada 12 - 20 December 2023 di GBK Stadium Akuatik, Jakarta.

UEA Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2027

IOAC ini sekaligus menjadi Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Nasional (BK PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

Ketua panitia pelaksana IOAC 2023, Ali Patiwiri mengatakan ajang ini diikuti sebanyak 1.388 atlet dari 210 klub di Indonesia. 

Dominasi Skuad Timnas U-23 di Piala Asia, Menpora Dito Akan Terus Maksimalkan PPLP dan SKO

Dengan rincian, cabang olahraga renang 951 atlet dari 191 klub. Loncat indah 99 atlet dari 6 pemprov dan enam klub. Kemudian renang artistik 116 atlet dari 8 pemprov dan 7 klub. Polo air 122 peserta.

"Kegiatan ini konsisten dilaksanakan oleh PB Akuatik Indonesia di bawah kepemimpinan Anindya Bakrie sebanyak lima kali, sempat terhenti karena Covid-19.  Event ini merupakan pengembangan kelanjutan," kata Ali Patiwiri.

Kalahkan Australia, Timnas Indonesia U-23 Didominasi Alumnus PPLP dan SKO Kemenpora

"Ini tentu membanggakan karena setiap tahun jumlah dari peserta dan klub yang mengikuti ajang ini terus bertambah. Dengan demikian, harapannya akan ada lahir atlet-atlet yang bisa membela Indonesia di ajang internasional," sambungnya.

Pembukaan IOAC 2023 juga dihadiri oleh perwakilan dari Kementeriaan pemuda dan olahraga (Kemenporaa), Komite Olahraga Nasional Indonsia (KONI), dan perwakilan NOC.

Asisten Deputi Tenaga dan Organisasi Keolahragaan (Asdep Tenor) Kemenpora M Azis Ariyanto yang mewakili Menpora memberikan apresiasi kepada Akuatik Indonesia karena secara konsisten menyelenggarakan kompetisi untuk melahirkan bibit-bibit potensial.

"Mas Menteri menitipkan salam semoga pelaksanaan IOAC berjalan dengan lancar dan sesuai dengan yang dipersiapkan. Dengan banyaknya atlet yang mengikuti ajang ini, dan konsisten menjadi catatan yang luar biasa. Kami yakin Akuatik akan mencapai prestasi di masaa yang akan daatang," kata Azis.

"Dengan didukung pelatih yang berkompeten, sarana dan prasarana yang baik, kami yakin itu akan tercapai. Renang merupakan salah satu olahraga yang masuk DBON. Karena itu, ini menjadi tantangan kita semua.

"Pemerintah mendukung semaksimalmungkin, dan kami berharap agar prestasi tidak hanya di ASEAN dan Asia tapi di Olimpiade dan kami yakin itu akan tercapai di tangan Akuatik Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PB Akuatik Indonesia, Harlin Rahardjo mengatakan IOAC ini juga akan diikuti oleh sejumlah atlet diaspora, salah satunya adalah Felix Viktor Iberle.

Perenang Indonesia pertama yang merebut medali emas Kejuaraan Dunia Renang Junior 2023 itu sedang dipersiapkan untuk mengikuti kejuaraan dunia di Doha 2024.

"Mudahan dia turun di nomor 100 meter gaya dada kemudian 250 gaya bebas kita harapkan dia bisa tembus target karena kami proyeksinya di kejuaraan dunia di Doha nanti. Kami harapkan dia bisa mmepertajam waktunya syukur-syukur bisa langsung lolos ke Olimpiade," ucapnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya