Komunitas Yachter Internasional Bakal Meriahkan Sabang Marine Festival 2024

Pj Wali Kota Sabang, Reza Fahlevi menggelar jumpa pers terkait persiapan Sabang Marine Festival 2024. VIVA/Dani Randi
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dani Randi (Banda Aceh)

Sabang –  Event pariwisata Sabang Marine Festival (SMF) 2024 yang masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) bakal digelar pada 1-3 Maret 2024 di Pulau Weh. Kegiatan ini disebut jadi perayaan budaya bahari terbesar di Aceh.

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Penjabat Wali Kota Sabang yang juga menjabat sebagai Direktur Event Daerah, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf RI, Reza Fahlevi mengatakan, kegiatan ini dikemas dengan menggambarkan aktivitas bahari, juga diperkuat dengan konsep ragam budaya di Kota Sabang.

“SMF 2024 mengenalkan Sabang sebagai pusat bahari terbesar di Aceh yang memiliki kekayaan budaya dan pariwisata,” kata Reza Fahlevi kepada wartawan, Selasa, 27 Februari 2024.

Pariwisata Hijau dan Berkelanjutan Bakal Jadi Fokus Kemenparekraf

SMF, kata dia menjadi salah satu strategi yang efektif untuk mempromosikan destinasi wisata. Ini juga salah satu cara melestarikan nilai-nilai tradisi budaya, sarana edukasi bagi masyarakat, meningkatkan ekonomi masyarakat, serta menjadi wadah kreativitas bagi pelaku seni untuk menyalurkan bakatnya.

Dalam kegiatan itu, nantinya beragam atraksi budaya bakal ditampilkan seperti Lomba Pacu Jaloe & Eksibisi Perahu Naga, Fishing Tournament, Kejuaraan Renang Pesisir & Festival Jajanan Kongsi, Festival Geulayang Tunang, Khanduri Adat Meulaot dan Tiek Jeu, Launching Rumah Nemo serta coral & coastal clean up.

Arab Saudi Dirikan Maskapai Baru, Rute Riyadh-Afrika Akan Terealisasi

Pihaknya juga melakukan joint event dengan Indonesia Yacht Rally, yang akan dihadiri oleh komunitas yachter dari berbagai negara seperti Amerika hingga Australia nantinya mereka akan melintasi Teluk Sabang saat penyelenggaraan festival.

“Yacht dari berbagai negara sudah ada yang notice ke kita untuk ikut serta memeriahkan Sabang Marine Festival,” ujar Reza.

Selain parade Yachter, kegiatan itu juga menggelar event balap sepeda Tour de Sabang. Saat ini sudah seratusan pesepeda dari berbagai provinsi di Indonesia akan melintasi venue SMF 2024 dengan panjang rute 31,9 kilometer.

"Kolaborasi SMF dan Tour de Sabang ini juga merupakan salah satu bagian dari upaya kita dalam persiapan menuju PON 2024,” katanya.

Di tahun ke-6 penyelenggaraannya, kata dia SMF 2024 tampil beda dengan melibatkan lebih banyak partisipasi aktif masyarakat dibandingkan tahun sebelumnya, festival bahari ini juga diharapkan akan memiliki daya tarik yang lebih kuat bagi para wisatawan domestik dan mancanegara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya