Sentul Series of Motorsports: Alvin dan Avila Bahar Sabet Juara di Seri Pembuka

Alvin Bahar
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Seri pembuka Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) di Sentul internasional Circuit, Bogor, Jawa Barat, Minggu 3 Maret 2024 menuai hasil lumayan bagi tim Honda Racing Indonesia.

Gokar Jadi Batu Loncatan Menuju Ajang Balap Dunia

Dua dari tiga pembalap mereka, Ayah-Anak Alvin dan Avila Bahar meraih gelar juara di kelas masing-masing. 

Avila Bahar yang tampil di dua kelas: Kejurnas ITCR 1500 Max dan kelas Kejurnas ITCR 1200, hanya beruntung di ITCR 1200.  

Juara F1 GP China, Max Verstappen Disebut dari Planet Lain

Di kelas 1500, sejak lap awal Avila merasa balapan kali ini belum maksimal. Di lap awal mobil Honda City hatchback-nya sempat accident dengan pembalap lain yang membuat mobilnya rusak sejak lap awal.

Alhasil, Avila tak melanjutkan balapan. Baru di kelas Kejurnas 1200, mengendarai Honda Brio, Avila menciptakan fastest lap. Start dari posisi kelima, ia bisa meraih gelar juara di kelas master dan digabung pembalap lain, ia finis di posisi kedua. 

Superchallenge Supermoto Race 2024 Segera Dimulai, Yogyakarta Tuan Rumah Seri Perdana

“Alhamdulilah paling bahagia mencetak fastest lap. Semoga di putaran kedua bisa lebih improve,” tutur Avila yang juga menyayangkan kondisi rekan satu timnya, pembalap baru di tim HRI, Andri Abirezky yang akhirnya tak bisa menyelesaikan lomba sejak awal lantaran ada masalah teknis saat lomba. 

Sementara Alvin Bahar yang tampil di kelas Kejurnas ITCR 3600 menggunakan mobil baru All New Civic Type R mengatakan, karena ini mobil baru, ia merasa belum maksimal di seri pertama ini.

“Jadi, racing part-nya memang belum lengkap karena kita mesti custom. Semoga saja di seri kedua kita sudah bisa lebih maksimal lagi,” tutur Alvin, peraih 11 kali gelar juara nasional. 

Beruntung, Alvin tetap bisa finis pertama di kelasnya. Memang lantaran kelas ITCR 3600 Max juga digabung dengan kelas STCR sehingga ia harus bersaing dengan sejumlah pembalap kelas lain.

“Untungnya di kelas Kejurnas ITCR 3600 saya tetap juara meski memang ada perlawanan ketat dari kelas berbeda,” kata Alvin yang menyatakan siap mengejar gelar juara nasional ke-12 tahun ini.   

Alvin juga berharap untuk seri selanjutnya yang akan dimainkan pada 21-23 Juni 2024 setelah puasa dan lebaran, semoga akan lebih ramai lagi. Khususnya di kelas Alvin ITCR 3600 Max yang lebih bebas, bisa ada penambahan peserta lagi agar pesertanya lebih banyak. 

Seri awal 2024 ini juga dimanfaatkan tim Honda Racing Indonesia untuk memperkenalkan komposisi pembalap mereka yang kini ditambah satu pembalap baru untuk mendampingi Alvin dan Avila Bahar yaitu: Andri Abirezky yang bergabung mulai seri pembuka ini. 

Kalau di awal seri ini HRI hanya bisa mempersembahkan gelar juara lewat Avila Bahar (ITCR 1200) dan Alvin Bahar (ITCR 3600 Max) diharapkan di putaran kedua nanti pada 21-23 Juni 2024 usai puasa dan lebaran, akan ada peningkatan prestasi lewat pembalap baru mereka: Andri Abirezky

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya