Alasan Mengejutkan Maryna Moroz Nekat Jadi Petarung UFC Pertama yang Tampil Bugil di Playboy

Maryna Moroz, Petarung UFC Pertama yang Tampil Bugil di Playboy Centerfold
Sumber :
  • ufc.com

VIVA Sport Maryna Moroz merupakan petarung MMA profesional asal Ukraina yang tergabung di Ultimate Fighting Championship (UFC), di mana ia berkompetisi di divisi Kelas Terbang Wanita. Moroz juga merupakan pelatih tim tinju wanita Olimpiade Ukraina.

9 Petarung Indonesia Hadapi China di One Pride MMA King Size New Champion

Moroz mulai berlatih tinju di usia muda. Namun dia baru mulai berlatih MMA pada tahun 2013. Dia memutuskan beralih profesi karena kurangnya kesempatan meraih prestasi dalam tinju wanita profesional di Ukraina.

Wanita kelahiran 8 September 1991 tersebut membuat debut profesionalnya di ajang MMA pada tahun 2013. Dia tampil impresif dengan membukukan rekor 5 kemenangan tanpa kalah sebelum bergabung dengan Xtreme Fighting Championships.

One Pride MMA King Size New Champion Gelar Acara Penghargaan
Rocky Gerung: Mental Petarung Surya Paloh Lama-lama Mulai Mengalami Inflasi

Setelah membukukan rekor 5-0 di sirkuit regional, Moroz menandatangani kontrak dengan Xtreme Fighting Championships yang berbasis di Florida. Moroz menghadapi Karine Silva dalam debutnya di XFC International pada 1 November 2014. Cukup satu ronde dia menghabisi lawannya tersebut.

Sementara Moroz melakukan debutnya di UFC melawan Joanne Calderwood pada 11 April 2015 di UFC Fight Night 64. Moroz memenangkan pertarungan di ronde pertama. Kemenangan ini membuat Moroz mendapatkan penghargaan bonus Performance of the Night pertamanya.

Pertarungan terakhirnya berlangsung pada 5 Maret 2022. Di mana dia menghadapi Mariya Agapova. Dalam pertarungan yang berlangsung di Las Vegas itu, Moroz menaklukkan lawan hanya dalam tempo 3 menit 27 detik.

Total 14 pertarungan sudah dia jalani sejak terjun ke ajang MMA. 11 di antaranya berhasil dia menangkan (1 by knockout, 6 by submission, dan 4 by decision). Sementara tiga duel lainnya berakhir dengan kekalahan by decision.

Selain memiliki reputasi sebagai petarung profesional dengan sejumlah prestasi, Maryna Moroz juga diketahui menjadi petarung pertama dalam sejarah UFC yang berpose telanjang untuk Playboy Centerfold.

Moroz punya alasan berani tampil bugil. "Dulu saya orang yang lebih pemalu, tapi sekarang saya lebih terbuka dan saya merasa lebih berenergi ketika saya menunjukkan foto telanjang saya," katanya dilansir Marca.

"Playboy mengubah hidup saya dan sekarang saya berbeda. Saya orang yang berbeda," jelas petarung MMA yang kini berusia 31 tahun dan berjuluk Iron Lady (Wanita Besi) tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya