Anggota TNI Guncang MMA Dunia, Punya Rekor Mengerikan di One Pride

VIVA Militer: Pratu Ronal Siahaan 'Naga Sakti'
Sumber :
  • Instagram @ronalsiahaan_

VIVA – Petarung MMA Indonesia, Ronal Siahaan menorehkan namanya di panggung MMA Internasional. Jebolan One Pride itu meraih kemenangan di Cage Warriors 165 di San Diego. 

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Dalam pertarungan yang digelar di Sycuan Casino Resort, Sabtu 16 Desember 2023, WIB, Ronal Siahaan mengalahkan Andrew Johson-Cabrera. Dia menang melalui unanimous decision (30-27, 30-27, 30-27).

Ronal adalah seorang anggota TNI AD berpangkat Pratu. Dia merupakan prajurit Yonarhanud 1/PBC/1. Ronal digembleng di camp MMA Fight Academy proyeksi Mola.

9 Petarung Indonesia Hadapi China di One Pride MMA King Size New Champion

Terkait kemenangannya, Ronal menyebut persiapan yang matang adalah kuncinya. Sejatinya, Andrew Johson adalah petarung yang lebih senior ketimbang dirinya, namun berkat persiapan dan keyakinan diri, Ronal mampu meraih kemenangan.

"Untuk pertandingan saya kemarin berlaga tiga ronde dan saya menang poin, Dalam pertandingan itu, saya percaya diri dan mengeluarkan teknik yang selama ini saya latih. Kebetulan saya lebih unggul di striking, jadi saya jadikan itu senjaya untuk meraih poin," kata Ronal.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

"Untuk lawan kebetulan dia punya BJJ dengan sabuk coklat. Otomatis sudah senior jauh. Saat saya bermain di bawah dia lebih bagus. Saya hanya unggul di power saja, makanya saya bisa sedikit keluar dari kontrolnya," sambungnya.

Sebelum terjun ke MMA internasional, Ronal menjalani karier di ajang MMA terbesar di Indonesia, yakni One Pride. Rekornya mengerikan, petarung asal Sumatera itu tidak tersentuh kekalahan dalam tujuh pertarungan.

Diakui Ronal, penampilannya di One Pride memberikan kepercayaan diri tampil di ajang internasional, Menurutnyam kualitas petarung-petarung di One Pride juga tidak kalah jauh dengan di luar negeri.

"Ya benar sebelumnya saya fighter di One Pride. Kita tau rekor saya di One Pride belum pernah kalah jadi setelah saya masuk di ajang internasional, dengan saya bertarung di nasional, sangat membantu," kata Ronal.

"Karena saya sudah terbiasa bermain profesional. Dengan saya bermain di tingkat internasional saya tidak terlalu canggung untuk menyesuaikan. Jadi bagi saya sangat membantu," ucapnya.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya