Kunci Pembalap Indonesia Sabet Podium dalam IATC di Qatar

Veda Ega Pratama sabet podium dalam IATC 2022 di Qatar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Balapan kedua putaran pertama Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022 di Losail International Circuit Qatar, Minggu 6 Maret 2022, berjalan di bawah cuaca yang lebih baik dibandingkan balapan pertama. Empat pembalap Indonesia yang didukung Astra Honda Motor berhasil menyelesaikan balapan yang berlangsung dalam 14 lap tersebut.

Veda Ega Pratama Pastikan Juara IATC 2023

Veda Ega Pratama memulai balapan dengan baik dan bertahan di depan hingga akhirnya finis di posisi ke-3. Tiga pembalap lainnya yaitu Muhammad Diandra Trihardika, Aan Riswanto, dan Reykat Yusuf Fadillah masing-masing finis di urutan ke-11, ke-13, dan ke-14.

Veda melakukan start yang bagus dari posisi ke-7. Dia bertahan di grup terdepan dan bersaing memperebutkan posisi pertama. Pada lap ke-4, Veda bahkan sempat memimpin balapan. Dia terus bertahan posisi tiga besar, namun sempat hampir terjatuh dan tergeser ke urutan kedelapan. Pada akhir lap ke-10 dia sudah kembali berada di posisi podium. 

Kunci Sukses Veda Ega Pratama Juarai IATC 2023 Mandalika

Pembalap 13 tahun ini akhirnya finis di posisi ke-3 dan mencatat podium perdananya di IATC. Hasil ini merupakan penebusan sempurna setelah pada balapan pertama dia gagal finis karena terjatuh.

"Sungguh balapan yang luar biasa. Belajar dari race pertama kemarin, saya berusaha tenang agar tetap berada di barisan terdepan. Saya sangat senang berhasil merah podium di race kedua ini," kata Veda dalam rilis yang diterima VIVA.

Veda Ega Pratama Juara IATC 2023 Mandalika

"Terima kasih kepada PT Astra Honda Motor, keluarga, serta pecinta balap di Indonesia. Semoga modal podium ini menjadi awal yang baik untuk semakin motivasi saya untuk tampil lebih baik lagi di putaran berikutnya," lanjutnya.

Start Kurang Bagus Diandra

Start Diandra kurang bagus pada balapan ini. Dia turun beberapa posisi pada lap pertama dan kesulitan untuk memperbaiki posisi. Dia akhirnya menutup balapan dengan finis di posisi ke-11. Sementara itu, Aan dan Reykat finis di posisi ke-13 dan ke-14.

"Hasil yang saya syukuri untuk race 2 ini. Kesabaran dan ketenangan saya berbuah hasil posisi 10. Hasil ini bukan hasil yang terbaik tapi patut disyukuri dalam kondisi balap yang sangat sulit bagi saya. Di putaran 2 Mandalika, saya akan berusaha lebih keras lagi untuk bisa meraih hasil yang lebih baik," ungkap Diandra.

Hasil pada balapan kedua di Qatar ini menempatkan Veda di posisi ke-7 klasemen sementara dengan 16 poin. Diandra saat ini berada di posisi ke-9 (11 poin), Reykat ke-11 (10 poin), sementara Aan ke-17 (3 poin).

Para pembalap Indonesia yang didukung Astra Honda Motor ini akan turun pada seri kedua IATC 2022 di Mandalika International Street Circuit pada 19-20 Maret. Mereka akan kembali berbagi sirkuit dengan para pebalap MotoGP yang juga menjalani putaran kedua.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya