Sirkuit Mandalika Punya Target Lolos Homologasi untuk Balapan Ini

Sirkuit Mandalika
Sumber :
  • twitter.com/MotoGP

VIVA Sport – Sirkuit Mandalika kini menjadi sirkuit kebanggaan masyarakat Indonesia, pasalnya di sirkuit tersebut Indonesia kembali bisa menjadi tuan rumah MotoGP dan World Superbike.

MotoGP Kazakhstan 2024 Batal Digelar Juni Mendatang, Ini Alasannya

Setelah berhasil menjadi tuan rumah MotoGP dan World Superbike 0ada tahun 2022 ini, pihak pengelola Sirkuit Mandalika berburu homologasi dari Federasi Balap Mobil Internasional (FIA). 

Menurut Priandhi Satria, Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengatakan, saat ini pihaknya terus berkomunikasi dengan FIA terkait homologasi Sirkuit Mandalika mendapatkan Grade 2 untuk kategori balap mobil. Jika terwujud, Sirkuit Mandalika bisa menggelar ajang balap mobil dengan kelas di bawah balapan F1.

Maverick Vinales Temukan Masalah di Motor Aprilia Tunggangannya

Pembalap Team Suzuki Ecstar, Joan Mir di MotoGP Mandalika.

Photo :
  • Dok: Suzuki-Racing

"Homologasi tidak langsung dijawab, jadi kita mengirimkan dokumen-dokumen berisi gambar 2D, 3D, lebar detail diperiksa sama mereka. Kemudian mereka masukkan ke dalam sistem komputer akan melakukan simulasi, untuk grade ini kelebihan dan kekurangannya apa. Jadi sedang dijalankan oleh FIA, untuk nanti keluar, feedback-nya bolak-balik," tambahnya, Minggu 2 Oktober 2022.

Performanya Payah, Johan Zarco Ingin Singkirkan Motor Baru Honda RC213V

Lebih lanjut Priandhi menjelaskan, proses homologasi sirkuit beriringan dengan ketentuan sirkuit balap di bawah FIM sepeda motor dan mobil di tangan FIA.

"Tidak mudah juga karena gambar yang dari FIA ini disesuaikan supaya tetap dapat homologasi FIM grade A supaya MotoGP dan WSBK-nya jalan. Dua-duanya ini mesti kita atur supaya FIM A dapat, (FIA) grade 2 dapat. Masih bolak-balik antara konsultan dengan FIM dan FIA," pungkasnya.

Francesco Bagnaia dan Marc Marquez

Regulasi Baru MotoGP: Mesin Motor dari 1.000cc Jadi 850cc dan Holeshot Dilarang

Regulasi baru sudah dipersiapkan untuk MotoGP 2027 mendatang. Motor MotoGP generasi terbaru diklaim akan lebih relevan dengan motor jalan raya  demi keselamatan pembalap.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024