Red Bull Dinyatakan Melanggar Cost-Cap F1 Musim Lalu dan Kecurigaan Ferrari

Pembalap Red Bull Sergio Perez di F1 GP Singapura
Sumber :
  • AP Photo/Vincent Thian

VIVA Sport – Red Bull Racing dinyatakan telah melanggar cost-cap (batas pengeluaran) yang telah ditetapkan untuk tim-tim F1. Tapi kategori pelanggarannya adalah ringan.

Juara F1 GP China, Max Verstappen Disebut dari Planet Lain

FIA mengkonfirmasi jika Red Bull telah melanggar cost-cap 145 juta dolar AS (Rp2,2 triliun) di musim lalu. Tapi kelebihannya kurang dari lima persen.

"Administrasi cost-cap FIA mencatat bahwa semua kontestan bertindak setiap saat dengan itikad baik dan kerja sama selama proses berlangsung," demikian pernyataan resmi FIA.

Usai Diakuisisi F1, Takkan Ada Lagi Wanita Cantik Berpayung di Samping Motor MotoGP?

Meski sudah menyatakan Red Bull bersalah, namun FIA belum mengumumkan hukuman yang akan diberikan. Tapi sejumlah kemungkinan telah dimunculkan.

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen

Photo :
  • AP Photo/Darko Bandic
Pemilik F1 Akhirnya Resmi Beli MotoGP dengan Harga Segini

Mengutip Crash, Red Bull bisa saja mendapat hukuman dari yang ringan sampai berat. Seperti teguran secara publik, pengurangan poin konstruktor, atau pengurangan jatah waktu pengujian.

Jika pengurangan poin dan jatah waktu pengujian yang diterima oleh Red Bull, tentu saja itu akan merugikan.

Kecurigaan Ferrari

Pembalap Ferrari, Charles Leclerc Kualifikasi F1 GP Belanda 2022

Photo :
  • AP Photo/Peter Dejong

Team Principal Ferrari, Mattia Binotto mengutarakan kecurigaannya terkait dengan laporan FIA mengenai cost-cap. Karena laporan ke publik sempat ditunda.

"Menarik untuk melihat bahwa butuh waktu lama untuk mengeluarkannya, karena sudah jatuh tempo beberapa hari lalu," kata Binotto.

"Kenapa begitu lama? Tentu saja karena ada diskusi di belakang yang cuma memberikan, izinkan saya mengatakan, kebenaran fakta bahwa ada desas-desus dan spekulasi tentang mungkin yang melanggar," imbuhnya.

Itulah yang kemudian membuat Binotto menyebut ada diskusi lebih dulu terkait cost-cap ini sebelum diumumkan kepada publik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya