Danau Toba APRC 2023 Diikuti 42 Pereli, Jajal 8 Spesial Stage

Panitia perlombaan Danau Toba APRC 2023 saat menggelar rapat persiapan
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

Simalungun – Danau Toba Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2023, akan diikuti 42 pereli, yang akan berlangsung di kawasan hutan industri, Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, 22 hingga 24 September 2023.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Rally ini diikutii 42 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia, di antaranya adalah pasangan Ijeck/Hervian Soejono dan Harun Nasution/Ferdinand Susanto dari tim Bla Bla Bla Motorsport, Ricardo Gelael/Gabriel Morales.

Kemudian, Sean Gelael/Hugo Magalhaes dari tim Jagonya Ayam, Rihans Variza/Anthony Sarwono dari HRVRT Mitra Ford, serta Ryan Nirwan/Adi Indiarto dari Toyota Gazoo Racing Indonesia dan pereli lainnya.

Sean Gelael dan Tim WRT 31 Paling Terdepan, Raih Posisi 1 di Imola

Mobil reli yang digunakan oleh para peserta di Kelas M1 seluruhnya sudah berspesifikasi internasional WRC 2 dan AP4, seperti Hyundai i20 R5, Citroen C3 R5, Ford Fiesta Rally 2, dan Skoda Fabia R5. 

Untuk diketahui, jadwal Danau Toba APRC 2023 Shakedown atau pengujian lintasan dan mobil reli bakal digelar pada Selasa 19 September 2023, pukul 14.00 hingga 17.00 di Aek Nauli. 

Kisah Pilu Nakes di Simalungun Diperkosa 3 Pria, Seorang Pelaku Mantan Kekasih Korban

Wagub Sumut, Musa Rajekshah pimpinan rapat persiapan APRC Danau Toba 2023

Photo :
  • VIVA/B.S Putra

Sementara Konferensi Pers dengan peserta akan dilaksanakan, Kamis, 21 September 2023, pukul 16.00 WIB di Marianna Resort & Convention, Tuktuk Siadong, Kabupaten Samosir. Kemudian, dilanjutkan Welcome Lunch dan Briefing Peserta di tempat yang sama.

Sedangkan, Ceremonial Start berlangsung di The Caldera Toba Nomadic Escape, Kabupaten Toba, Jumat sore, 22 September 2023, pukul 16.00 WIB. 

Untuk balapannya berlangsung pada Sabtu dan Minggu 23 dan 24 September 2023. Dimulai pukul 07.00 WIB. Para pereli berusaha menjadi yang tercepat untuk menaklukkan 8 Special Stage (SS) di Negeri Dolok, Huta Tonga, dan Tobasari Gorbus dengan total jarak tempuh 345,65 kilometer.

Pimpinan Perlombaan atau Clerk of the Course (COC), Elwin Siregar menjelaskan bahwa pihaknya, sudah mempersiapkan segala kebutuhan dalam perlombaan dengan baik.

"Kami sudah mematangkan segala persiapan teknis supaya acara bisa terselenggara dengan sukses. Dan kami sudah siap 100 persen," ucap Elwin Siregar dalam keterangan tertulis, Selasa 19 September 2023.

Elwin mengungkapkan bahwa event ini melibatkan 320 orang Marshal, 50 Panitia Penyelenggara dan sekitar 200 personil pengamanan dari Kepolisian dan TNI serta diliput oleh berbagai media lokal, nasional maupun internasional.

"Gelaran Danau Toba APRC, sekaligus Reli Nasional putaran ke-3 ini, merupakan rangkaian ajang sport tourism. Guna mempromosikan Danau Toba sebagai destinasi wisata superprioritas. Sehingga dapat menggaet turis lokal dan mancanegara," jelas Elwin.

Danau Toba yang terletak di Sumatera Utara, pada November mendatang juga dipercaya lagi oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA) untuk menggelar APRC putaran ke-7, atau grand final APRC 2023. 

Ini merupakan batu loncatan agar Reli Dunia atau World Rally Championship dapat kembali digelar di Indonesia, khususnya Sumatera Utara, pada tahun 2025 mendatang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya