Menggila di MotoGP Mandalika, Bagnaia Ciptakan Rekor Fantastis

Francesco Bagnaia
Sumber :
  • Press Release

VIVA – Francesco Bagnaia mengganas di MotoGP Mandalika 2023. Dia finis terdepan dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika, Minggu 15 Oktober 2023.

Terpopuler: Marc Marquez Singgung Honda, Modus Maling Motor Pura-pura Kecelakaan

Bagnaia melakukan start dengan luar biasa. Memulai balapan dari posisi 13, pembalap yang kerap disapa Pecco itu langsung naik tujuh posisi di lap pertama hingga berada di posisi enam. 

Kemudian, Bagnaia terus memacu motornya dan berhasil menembus posisi ketiga pada lap ketiga. Di lap ketiga pula drama terjadi saat Luca Marini ditabrak Brad Binder hingga terjatuh. Pebalap KTM itu akhirnya terkena long lap penalty.

Pujian untuk Penampilan Ganas Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Memasuki lap delapan, naik sial dialami Marc Marquez. Pembalap Repsol Honda itu terjatuh di tikungan 13 dan gagal finis. Marquez juga sebelumnya gagal finis di Sprint Race MotoGP Mandalika Pertamina Grand Prix 2023 karena jatuh di lap pertama.

Keunggulan Martin atas Vinales memasuki lap 10 sudah mencapai 2,4 detik. Satu lap kemudian Brad Binder kembali mendapat long lap penalty setelah menabrak Miguel Oliveira hingga bagian sayap depan patah.

Tiket MotoGP Indonesia 2024 Sudah Bisa Dibeli, Harga Mulai Rp350 Ribu

Bagnaia akhirnya menjadi pemenang MotoGP Mandalika Pertamina Grand Prix 2023 dengan mengalahkan Vinales dan Fabio Quartararo.
Kemenangan ini membuat Bagnaia kembali memuncaki klasemen MotoGP 2023 dengan 346 poin, unggul 18 poin atas Martin.

Sebuah rekor fantastis berhasil diciptakan Bagnaia di MotoGP Mandalika 2023 ini. Dilansir situs MotoGP, Bagnaia menjadi rider yang bisa finis pertama dari posisi start di atas empat row terdepan sejak 2006. 

Pebalap terakhir yang melakukan itu adalah Marco Melandri saat menjadi MotoGP Turki 17 tahun yang lalu. Selain itu, MotoGP juga memberi label bahwa race Pertamina Grand Prix of Indonesia bisa menjadi yang paling menentukan di MotoGP 2023. Sebabnya, Bagnaia kembali ke posisi teratas klasemen MotoGP 2023.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya