Dahsyat, Ahsan/Hendra Tendang Musuh Kevin/Marcus dari Ranking 7 Dunia

M Ahsan/Hendra Setiawan.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Hafidz Mubarak

VIVA – Prestasi luar biasa diciptakan pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. Mereka untuk pertama kali dalam 3 tahun terakhir naik ke ranking 7 dunia.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Dan hebatnya lagi, juara dunia 2013 dan 2015 itu menempati ranking 7 dunia dengan cara merebutnya dari juara France Open 2018, Han Chengkai/Zhou Haodong.

Ahsan/Hendra naik ke ranking 7 dunia karena raihan poinnya menyalip koleksi angka Han/Zhou.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Dari daftar ranking terbaru pekan 6 yang disiarkan Federasi Bulutangkis Dunia atau BWF, Selasa 5 Februari 2019, Ahsan/Hendra dengan 64.710 poin sementara pemain muda China itu memiliki 63.960 poin.

Sebenarnya, kenaikan ranking Ahsan/Hendra bukan karena poin mereka bertambah. Tapi sebaliknya. Hanya saja poin Han/Zhou merosot lebih banyak dari Ahsan/Hendra.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Sebab, di pekan lalu, Ahsan/Hendra memiliki poin sebesar 66.340. Sedangkan Han/Zhou 66.780.

Perlu diketahui legenda hidup bulutangkis Indonesia itu terakhir kali bercokol di ranking 7 dunia pada 15 Desember 2016. Setelah itu, ranking mereka merosot dan sempat masuk lagi ke ranking 10 besar dunia dengan menempati peringkat 9 pada 22 November 2018.

Sepanjang kariernya duet Ahsan/Hendra pernah mencicipi tahta ranking 1 dunia, yaitu pada 25 Desember 2013.

Dalam beberapa waktu terakhir ini, penampilan Ahsan/Hendra sedang bagus. Bahkan, di Indonesia Masters, mereka lolos ke final dan finis sebagai runnerup.

Di babak penyisihan hingga semifinal, Ahsan/Hendra tampil gemilang. Selain menghajar Han/Zhou, mereka juga mempecundangi juara dunia 2018, Li Junhui/Liu Yuchen.

Duo ganda China ini merupakan musuh bebuyutan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Han/Zhou mengalahkan Kevin/Marcus di final France Open 2018 dan Li/Liu mengalahkan The Minions di penyisihan grup A, BWF World Tour Finals 2018.

Baca: Usai Gusur Tommy, Kini Jonatan Christie Ancam Depak Anthony Ginting

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya