Ganas, Usai Hajar Fajar/Rian Duo Pebulutangkis Korea Libas Wahyu/Ade

Choi SolGyu/Seo Seung Jae
Sumber :
  • BWF

VIVA – Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso kembali membuat gempar Quaycentre, Sydney, Australia. Mereka tampil dahsyat saat berusaha mengalahkan Choi SolGyu/Seo Seung Jae, duo Korea Selatan yang menghancurkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di babak 32 besar.

Kento Momota Announces His Resignation from Badminton

Meski akhirnya kalah, tapi Choi/Seo tak mudah untuk menundukkan Wahyu/Ade. Sebab duo RI ini memiliki pertahanan yang rapi dan sulit ditembus.

Dalam laga panas itu, Wahyu/Ade nyaris saja merebut kemenangan di gim pertama. Tapi sayang, meski sempat unggul di menit akhir gim, Choi/Seo malah bisa membalikkan keadaan dan berbalik merebut kemenangan di gim pertama dengan angka 21-17.

17 Indonesian Athletes Qualify for the 2024 Paris Olympics

Laga yang dilangsungkan di Quaycentre, Sydney, Australia, Kamis, 6 Juni 2019 ini semakin memanas ketika memasuki gim kedua. Sebab terjadi  pertarungan keras hingga tercipta beberapa kali deuce. Sampai akhirnya Wahyu/Ade bisa mencuri kemenangan dan memaksa terciptanya rubbergame dengan poin ketat 22-24.

Pada dim penentu, meski cuma bermodal ranking 42 dunia, Choi/Seo tampil menggarang, terbukti sejak gim dimulai hingga turun minum, mereka unggul angka jauh dari Wahyu/Nayaka, yaitu pada kedudukan 11-5. Kondisi ini berlanjut hingga jeda berakhir.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Namun, jelang akhir gim, dalam kondisi tertinggal Wahyu/Ade perlahan tapi pasti mulai menguasai pertandingan, terbukti di menit 66 mereka berhasil menyamakan angka 16-16.

Usai menyamakan kedudukan, terjadi saling salip poin. Bahkan, Wahyu/Ade berhasil menggagalkan kemenangan Choi/Seo dengan menciptakan 3 deuce usai menyamakan angka kembali jadi 20-20, 21-21 dan 22-22.

Wahyu/Ade sempat membuka peluang untuk memenangkan laga terakhir setelah menyalip angka jadi 22-23. Sayang, Choi/Seo berhasil menciptakan deuce. Malah mereka berbalik unggul pada kedudukan 24-23. Lagi-lagi, Wahyu/Ade memaksa deuce pada poin 24-24 dan 25-25.

Sayangnya akhirnya di menit 81, Choi/Seo mendapatkan 2 poin beruntun untuk menyudahi laga tergila yang pernah terjadi  Australian Open 2019 dengan poin akhir 27-25.

Di perempatfinal Choi/Seo akan berhadapan dengan pemenang laga antara  Han Chengkai/Zhou Haodong dan duo Malaysia, Goh Sze Fei/Nur Izzudin.

Perlu diketahui, di babak 32 besar, Wahyu/Ade juga membuat kejutan. Untuk pertama kalinya mereka berhasil mengalahkan legenda ganda putra dunia, Lee Yong Dae/Yoo Yeon Seong. Padahal dari 3 pertemuan terakhir, Wahyu/Nayaka tak pernah bisa mengalahkan duet yang baru saja turun tanding lagi setelah sempat pensiun beberapa tahun lalu.

Baca: Duet Anyar RI Gagal Tumbangkan Ranking 10 Dunia di Australian Open

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya