Peningkatan Putri KW di Kejuaraan Dunia 2023

Putri Kusuma Wardani
Sumber :
  • twitter.com/INABadminton

KOPENHAGEN Putri Kusuma Wardani berhasil lolos dari fase awal Kejuaraan Dunia 2023. Dia tidak mengulangi kesalahan dan kegagalan pada perhelatan sebelumnya..

Thomas Cup dan Uber Cup Kobarkan Semangat Atlet Jelang Olimpiade 2024

Tunggal putri Indonesia itu menang dua gim langsung 21-7, 23-21 atas Polina Buhrova pada putaran 64 besar di Kopenhagen, Denmark, Senin 21 Agustus 2023.

"Bersyukur dan senang bisa maju ke babak kedua karena tahun lalu saya sudah terhenti di babak pertama. Paling tidak ada peningkatan," ungkap Putri KW.

Target PBSI Bawa Indonesia Kembali Juara Piala Thomas

Pada gim pertama, atlet asal Serang, Banten, itu hanya memainkan pola secara normal karena belum menemukan kendala berat untuk mengatasi sang lawan asal Ukraina itu. Putri pun mendapat banyak kemudahan karena lawan banyak mati sendiri.

Strategi menyerang yang ia siapkan juga berjalan sukses. Wakil Indonesia mampu meladeni lawan dengan baik dan bisa mematikan lawan saat ada peluang.

BNI Dukung Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia

"Gim pertama, dari awal saya bermain dengan pola normal. Sementara lawan banyak mati sendiri. Saya sendiri langsung in dan bisa mendapat poin dengan mudah. Saya banyak dapat poin dari lawan yang banyak melakukan kesalahan sendiri," tuturnya.

Namun pada gim kedua, Putri mengalami tekanan yang cukup menyulitkan.

Putri kerap tertinggal dalam perolehan poin. Tak hanya itu, Polina juga mengalami peningkatan kualitas permainan dan punya strategi yang berbeda dibandingkan gim pembuka.

Situasi tersebut diakui Putri membuatnya tegang dan kesulitan mengatur fokus untuk memberikan perlawanan balik.

"Lawan juga bermain bagus. Saya juga ada tegang dan sedikit panik. Saat mendapat bola menyerang, saya malah mati sendiri," ujar Putri.

Akhirnya Putri mampu bangkit jelang akhir gim kedua dan mengejar ketertinggalan. Saat skor 17-20, Putri bermain lebih tenang dan banyak mengantisipasi serangan lawan.

"Harus diakui, kualitas lawan juga lumayan. Punya fighting spirit yang besar. Saya juga susah mematikan. Saat dapat poin, saya berteriak juga. Ini untuk membuang ketegangan," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya