Fakta Tragis Jonatan Christie Usai Dilibas Lee Zii Jia di Kejuaraan Dunia 2023

Tunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie
Sumber :
  • PBSI

VIVA – Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie harus angkat koper lebih cepat usai tersingkir di babak pertama atau 64 besar Kejuaraan Dunia 2023.

Ganas, Indonesia Hajar Inggris 5-0 di Thomas Cup

Pebulutangkis andalan Indonesia yang akrab disapa Jojo itu ditumbangkan jagoan Malaysia, Lee Zii Jia. Dalam pertandingan yang berlangsung di  Royal Arena, Copenhagen, Denmark pada Senin, 21 Agustus 2023, Jojo kalah dua gim langsung.

Sebenarnya, Jojo  mengawali pertandingan dengan menjanjikan. Ia bisa unggul 4-1. Namun, setelahnya Lee bisa mengejar hingga 5-5. Namun, situasi segera berbalik, Lee mampu meninggalkan Jojo dalam perolehan poin. 13-21 di gim pertama.

Susunan Pemain Indonesia Vs Inggris di Thomas Cup 2024

Di awal gim kedua, Jojo kembali mendominasi. Ia sempat unggul unggul 4-0. Namun, Lee kemudian bisa mengejar hingga 6-6. Mantan tunggal nomor dua dunia kemudian juga bisa balik mengungguli Jonatan.

Lee memimpin 11-8 saat interval. Ia semakin menjauhkan jarak angka daari Jonatan dengan unggul 16-11 usai interval. Pada akhirnya, Jojo tak bisa membendung Lee yang terus melaju hingga poin 21-15 di gim kedua.

Jadwal dan Siaran Langsung Tim Bulutangkis Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2024

Hasil ini melahirkan bebera fakta buruk bagi Jojo. Pertama, ini jadi catatan terburuk Jonatan Christie dalam tiga ajang Kejuaraan Dunia terakhir yang diikutinya. Pada edisi 2019 dan 2022 lalu, Jonatan terhenti di babak perempat final.

Kedua, kekalahan ini membuat statistik pertemuan menjadi seimbang. Dalam delapan pertemuan kedua pebulutangkis mengemat masing-masing empat kemenangan. 

Namun, empat pertandingan terakhir selalu menjadi milik Lee Zii Jia. Itu terjadi dalam All England 2020 (32 besar), Kejuaraan Asia 2022 (final) dan Denmark Open 2023 (perempat final).


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya