Kata Jonatan Christie Usai Pastikan Tiket Semifinal BWF World Tour Finals

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie
Sumber :
  • PBSI

ChinaTunggal putra Indonesia Jonatan Christie mengikuti langkah ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto ke babak semifinal BWF World Tour Finals (WTF) 2023 yang akan digelar di Hangzhou, China, Sabtu 16 Desember 2023.

Susunan Pemain Indonesia Vs Inggris di Thomas Cup 2024

Hal itu menyusul Jonatan yang menjadi runner-up pada klasemen grup B, setelah memenangkan dua pertandingan secara straight game dan kalah di satu pertandingan saja selama fase grup.

“Mudah-mudahan besok di semifinal saya bisa memperbaiki dan meningkatkan performa saya seperti di dua pertandingan awal,” kata Jonatan, dikutip dari keterangan PP PBSI di Jakarta, Jumat.

Lawan Uzbekistan, Tuah Abdullah bin Khalifa Stadium Untungkan Timnas Indonesia U-23?

“Mau bertemu siapa pun, saya lebih fokus benahi dulu diri sendiri juga pikirannya,” ujarnya.

Jonatan pada hari ini kalah dari wakil tuan rumah Li Si Feng 13-21, 18-21, setelah pada dua pertandingan sebelumnya tampil mendominasi dan menang atas Kunlavut Vitidsarn (Thailand) dan Anders Antonsen (Denmark).

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23, Irak Paksa Vietnam Angkat Kaki

Jonatan mengungkapkan, salah satu hal yang menjadi faktor kekalahannya hari ini adalah karena lambat beradaptasi dengan kondisi lapangan dan laju shuttlecock.

“Pertama Puji Tuhan bisa lolos ke semifinal, tapi juga cukup kurang puas dengan penampilan hari ini. Karena berbeda banget kondisi lapangan 1 dan lapangan 2,” ungkap Jojo.

“Ini pertama kali saya mencoba lapangan 1 dan lambat beradaptasi dengan laju shuttlecock yang jauh lebih lambat dibandingkan lapangan 2. Sedangkan Li Shi Feng mempunyai tenaga yang cukup kuat jadi tadi bola tanggung pun beberapa kali bisa dia kembalikan,” ujarnya menambahkan.

Sementara itu, Antonsen keluar sebagai juara grup B, sementara dua tunggal putra yang lolos dari grup A adalah Shi Yu Qi (China) dan Viktor Axelsen (Denmark). Wakil Indonesia lainnya, Anthony Sinisuka Ginting, mengakhiri perjalanannya di BWF World Tour Finals 2023 di posisi ketiga klasemen grup A setelah kalah dari Axelsen 21-16, 7-21, 13-21.

Dengan ini, maka dari enam wakil, Indonesia hanya meloloskan Jojo dan Fajar/Rian di babak empat besar turnamen pamungkas musim 2023 tersebut.

Jonatan akan berhadapan dengan Antonsen atau Shi Yu Qi (China) pada laga esok hari. Sementara Fajar/Rian yang keluar sebagai juara grup B, memiliki kemungkinan untuk bertemu dua wakil tuan rumah Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi atau Liang Wei Keng/Wang Chang, atau juara dunia asal Korea Selatan Kang Min Hyuk/Seo Seung. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya