BWF World Superseries Finals 2015

Ganda China Mundur Rugikan Pemain Indonesia

Juara Ganda Campuran DIO
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVA.co.id - Pebulutangkis putri China, Zhao Yunlei, akhirnya memutuskan untuk mundur dari perhelatan BWF World Superseries Finals 2015. Pemain yang turun dalam nomor ganda putri dan ganda campuran ini menderita cedera yang memaksanya tak melanjutkan kiprahnya di ajang tersebut pada Jumat, 11 Desember 2015.

Sengitnya Persaingan Greysia/Nitya di Grup C Olimpiade Rio

Hal ini mengundang banyak pertanyaan di kalangan para penggemar bulutangkis tentang bagaimana nasib para calon lawan dan rival dari pasangan Tian Qing/Zhao Yunlei di ganda putri dan Zhang Nan/Zhao Yunlei di nomor ganda campuran yang seharusnya bertanding dengan mereka dan berharap untuk mendulang poin.

Berdasarkan peraturan turnamen, bila seorang peserta mengundurkan diri, maka seluruh hasil yang didapat di turnamen dianggap tidak ada. Hal tersebut ternyata juga berdampak pada nasib duet Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir yang otomatis ikut tersingkir.

Jadwal Wakil Indonesia di Babak Semifinal

Ini dikarenakan peluang Owi/Butet ke semifinal yang masih terbuka jika dapat menang dua game langsung atas Zhang Nan/Zhao Yunlei dan di saat bersamaan Lee Chun Hei/Chau Hoi Wah bisa mengalahkan Chris Adcock/Gabrielle Adcock.

Tapi, keputusan Zhang/Zhao untuk mundur yang menjadikan kemenangan WO bagi Owi/Butet tidak berarti apa-apa dengan dihapusnya semua poin yang terkait laga yang melibatkan Zhang/Zhao.

Tuntaskan Dendam, Tontowi/Liliyana Rebut Tempat Semifinal

Dengan demikian, maka pupuslah harapan Tontowi/Liliyana untuk lolos ke babak semifinal. Dan laga Lee/Chau lawan Chris/Gabrielle pun berubah status menjadi duel penentuan juara grup.

Sedikit kerugian juga harus dialami Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari. Hasil positif Greysia/Nitya yang menang atas Zhao Yunlei/Tian Qing dengan skor 21-17, 14-21 dan 21-16 pada Kamis kemarin pun menjadi tidak dianggap.

Namun, yang melegakan bagi Greysia/Nitya yakni mundurnya Zhao Yunlei membuat mereka memastikan satu tiket ke babak semifinal. Dan laga Greysia/Nitya lawan Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen hari ini akan menjadi partai penentuan status juara Grup B ganda putri. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya