Hashim Sujono Djojohadikusumo

Hashim Djojohadikusumo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Hashim Sujono Djojohadikusumo lahir di Jakarta, 1 Januari 1953. Hashim Sujono Djojohadikusumo adalah putra dari pasangan Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Sigar. Ayahnya terkenal sebagai begawan ekonomi Indonesia. Hashim juga merupakan adik kandung dari Prabowo Subianto. Hashim menikah dengan Anie Hashim Djojohadikusumo, dan dikaruniai tiga orang anak; Aryo Djojohadikusumo, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, dan Indra Djojohadikusumo.

Jadi Orang Terkaya RI, Boy Thohir Vs Hashim Siapa Lebih Tajir

Hashim Djojohadikusumo menjalani pendidikannya berpindah-pindah tempat. Saat ia masih Sekolah Dasar, Hashim bersekolah di Jakarta, sedangkan SMP di London, dan SMA di Singapura. Setelah lulus SMA, Hashim melanjutkan kuliah di Amerika Serikat, di Pmonoa College, Claremont University, California dengan mengambil jurusan ilmu politik dan ekonomi sampai mendapatkan gelar sarjananya.

Dalam perjalanan kariernya, ia pernah menjadi analisis keuangan di bank investasi Perancis. Hashim juga menjabat sebagai direktur di Indo Consult yang merupakan salah satu perusahaan milik ayahnya. Semakin berkembangnya bisnis yang dilakukan oleh Hasyim akhirnya ia dapat mengakuisisi PT. Semen Cibinong lewat perusahaannya yang bernama PT. Tirta Mas. 

Aksi Heroik Prabowo Batalkan Kontrak Berbau Korupsi Rp50 Triliun

Hashim juga menanamkan beberapa saham miliknya di Bank Niaga dan Bank Kredit Asia. Namun, karier Hasim tidak selalu mulus, pada tahun 2002, Hashim ditahan karena diduga melanggar Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Dana kredit seharusnya dikucurkan ke kreditor ternyata dikucurkan ke grupnya sendiri.

Setelah itu ia bangkit kembali. Bersama dengan Prabowo, ia membeli pabrik Kiani Kertas, perusahaan eks-Bob Hasan yang bermarkas di Kalimantan Timur. Dia pun memperluas bisnisnya ke berbagai sektor; perkebunanan dan hutan, tambang batubara, dan ladang migas. 

Curhatan Hashim Djojohadikusumo Soal 'Geger Lobster'

Puncaknya, menurut laporan Forbes 2012 menyebutkan Hashim Djojohadikusumo sebagai salah satu orang terkaya di Asia dengan kekayaan mencapai US$ 850 juta.

Dalam politik, dia ikut bergabung dengan kakaknya Prabowo Subianto. Dia bisa dibilang pemasok dana untuk kepentingan politik kakaknya. Mulai dari mendirikan partai Gerindra hingga membantu kakaknya jadi calon presiden 2014. Hashim sendiri di partai  merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

BIODATA

Nama Lengkap    : Hashim Sujono Djojohadikusumo
Nama Panggilan      : Hashim
Agama                   : Kristen Protestan
Tempat,Tanggal Lahir     : Jakarta, 1 Januari 1953
Jabatan                         : Pendiri Bangsa Energi Co  dan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra
   
KELUARGA  
Istri                        : Anie Hashim Djojohadikusumo
Anak : Aryo Djojohadikusumo
    Rahayu Saraswati Djojohadikusumo
    Indra Djojohadikusumo

       
PENDIDIKAN

  • Sekolah Dasar di Jakarta
  • Sekolah Menengah Pertama di London
  • Sekolah Menengah Atas di Singapura
  • S1 Pmonoa College, Claremont University, California Jurusan Ilmu Politik dan Ekonomi

KARIER

  • Direktur di Indo Consult (perusahaan konsultan manajemen ) 
  • Pendiri PT Era Persada 
  • Mantan Pemilik Bank Niaga dan Semen Cibinong 
  • Mantan Pemilik Nations Energy di Kazakhstan, sebagai komisaris utama sekaligus presiden direktur 
  • Mendirikan perusahaan Nations Petroleum 
  • Pemilik Tirtamas Group (perbankan dan keuangan (Bank Papan Sejahtera, Bank Pelita, Bank Kredit Asia), perdagangan, industri semen (Semen Cibinong), perkebunan    kelapa sawit (hingga industri petrokimia (Tuban Petrochemical Industry)
  •  Karyawan magang di Lazard Freres Et Cie di Paris, Prancis sebagai analis keuangan (financial analyst) 
  • Pemegang saham PT Semen Cibinong (0)
  • Pemilik Tirtamas Group (perbankan dan keuangan (Bank Papan Sejahtera, Bank Pelita, Bank Kredit Asia), perdagangan, industri semen (Semen Cibinong), perkebunan    kelapa sawit (hingga industri petrokimia (Tuban Petrochemical Industry)
  • Ketua Dewan Pengawas Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Taman Margasatwa Ragunan
  • Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya